13 Makanan Khas Indramayu, Ada Favoritmu?

13 Makanan Khas Indramayu, Ada Favoritmu?

Terkini | inews | Senin, 29 April 2024 - 23:13
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa makanan khas Indramayu yang perlu diketahui. Indramayu, kota di pesisir utara Jawa Barat, tak hanya terkenal dengan pantai dan mangganya yang manis.

Kota ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang menggoda selera. Dari hidangan pedas nan gurih hingga kudapan manis yang memanjakan lidah, Indramayu menawarkan petualangan rasa yang tak terlupakan.

Berikut ini adalah 13 makanan khas Indramayu, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Senin (29/4/2024).

13 Makanan Khas Indramayu

1. Pedesan Entog

Hidangan berkuah merah ini terbuat dari daging entog yang dimasak dengan rempah-rempah khas, menghasilkan rasa pedas dan gurih yang nendang. Aroma khas kayu bakar semakin menambah kelezatan hidangan ini.

2. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung adalah pilihan tepat pencinta ikan. Ikan manyung dimasak dengan bumbu rempah dan santan, menghasilkan kuah kuning yang kaya rasa dan gurih. Belimbing wuluh menambah kesegaran rasa pada hidangan ini.

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko Indramayu berbeda dengan versi Cirebon. Disajikan dengan saus kacang dan berbagai pelengkap seperti irisan tahu, tempe, mentimun, dan kerupuk, nasi ini menawarkan cita rasa gurih dan pedas yang khas.

4. Orog-orog

Camilan manis ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Teksturnya kenyal dan rasa manisnya pas, menjadikannya camilan favorit yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.

5. Bubur Glintir

Mirip bubur candil, Bubur Glintir terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan. Rasanya manis dan gurih, cocok dinikmati sebagai hidangan penutup atau kudapan sore hari. Bubur ini sering disajikan pada acara-acara resmi seperti syukuran panen.

6. Rumbah

Mirip lotek atau gado-gado, Rumbah menggunakan berbagai jenis sayuran kukus atau rebus yang disiram bumbu kacang kental. Uniknya, rumbah disajikan dengan kuah asam pedas yang terbuat dari sambal asam dan air petis, menghasilkan perpaduan rasa yang kaya dan segar.

7. Burbacek

Singkatan dari bubur, rumbah, dan cecek, Burbacek menawarkan sensasi rasa yang lengkap. Bubur gurih, rumbah pedas, dan cecek sapi yang dimasak dengan santan kelapa, menghasilkan hidangan mengenyangkan dan kaya rasa.

8. Mi Ragit

Mi Ragit adalah mi kuning dimasak dengan kuah santan udang yang gurih dan kental, dilengkapi irisan telur tipis. Mi Ragit biasanya dinikmati saat buka puasa, namun mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan dengan harga terjangkau.

9. Geblog

Berbeda dengan gemblong, Geblog Indramayu terbuat dari singkong atau ketan hitam. Dibungkus daun pisang, geblog memiliki rasa manis dan gurih yang khas.

10. Cimplo

Makanan ini dulunya dibuat untuk menolak bala. Cimplo terbuat dari tepung beras, tape singkong, gula putih, dan ragi.

Rasanya manis dan teksturnya kenyal, menjadikannya hidangan unik yang patut dicoba.

11. Blengep Cotot

Singkong dibentuk bulat dan diisi gula merah, Blengep Cotot menawarkan sensasi "cotot" atau gula merah meleleh di mulut saat dinikmati. Hidangan ini biasanya dijajakan di pagi hari dan terkenal di daerah Bangkir.

12. Kue Koci

Mirip nagasari, Kue Koci terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula pasir. Dibungkus daun pisang, kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang legit. Isiannya bukan potongan pisang seperti nagasari, melainkan kelapa parut.

13. Jalabriya

Terbuat dari ketan hitam atau putih, Jalabriya berbentuk bulat seperti cincin dan ditaburi gula putih atau merah. Jajanan tradisional ini menawarkan rasa manis yang sederhana namun tak terlupakan.

Itulah 13 makanan khas Indramayu. Seluruh makanan tradisional itu diharapkan dapat tetap terjaga eksistensinya, sehingga tidak tergeser dengan makanan dari luar daerah atau mancanegara.

Topik Menarik