Nestapa Tukang Bubur di Jatinegara usai Gerobak Dirusak OTK, Trauma Bertemu Orang Lain

Nestapa Tukang Bubur di Jatinegara usai Gerobak Dirusak OTK, Trauma Bertemu Orang Lain

Terkini | inews | Sabtu, 27 April 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Gerobak tukang bubur bernama Rusnodin (57) dirusak orang tak dikenal (OTK) di Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2024). Peristiwa kelam tersebut membuat pria yang akrab disapa Udin itu trauma.

Istri Udin, Wartikah (51) meminta agar siapa pun tak menemui suaminya terlebih dulu. Sebab, sang suami kerap menangis ketika bertemu orang lain.

"Kalau sekarang ketemu orang jangan dulu deh, bapak kalau ketemu orang suka nangis, ketemu orang nangis," kata wanita yang biasa dipanggil Ani saat ditemui iNews.id di kediamannya kawasan Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2024).

Dia menuturkan, semula Udin didatangi pelanggan saat berdagang. Orang itu lantas membeli bubur Rp5.000. 

Setelah pesanan itu jadi, orang tersebut enggan membayar dan pergi. Udin pun tak memaksa orang itu membayar bubur yang telah dibuatkan.

Hanya saja, pelanggan itu kembali mendatangi Udin dengan membawa senjata tajam (sajam). Gerobak Udin bahkan dirusak.  

"Ternyata dia balik lagi bawa-bawa barang (sajam) ngancurin gerobak. Bapaknya langsung lari. Pas gerobaknya udah dipecah-pecahin langsung dijatuhkan ke comberan," kata Ani.

Dia mengaku mendapat kabar itu dari tetangganya. Dia langsung bergegas mendatangi lokasi untuk melihat kondisi suaminya.

"Awalnya saya nggak tahu. Karena di rumah, dengar dari tetangga teriak-teriak, saya sama anak lari ke sana. Saya belakangan naruh cucu dulu. Pas ke sana gerobak sudah terbalik," tuturnya.

Ani langsung menenangkan suaminya. Bahkan dia merasakan jantung sang suami berdetak tak seperti biasanya.

"Kondisinya ya lemas, dia kan punya darah tinggi langsung jantungnya dag dig dug bedebar, lemes gitu deh," katanya.

Hingga tiga hari pascakejadian, kata Ani, Udin mengurung diri di kamar. Menurutnya, sang suami merasa tak enak kalau keonaran itu disebabkan olehnya meski belum terbukti.

"Ya traumanya juga dia lihat orang bawa-bawa parang, takut. Udah gitu takutnya dia itu disalahin sama orang-orang katanya gitu," tuturnya.

Sementara itu, polisi hingga kini masih memburu pelaku kerusakan gerobak milik Udin. Diduga, pelaku melarikan diri.

“Pelakunya sedang kami cari keberadaannya, beberapa rumah yang diduga tempat persembunyiannya sudah kami cek, tapi pelaku hingga saat ini belum tertangkap,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Armunanto Hutahean, Jumat (26/4/2024).

Polisi sudah mendatangi lokasi kejadian untuk mendalami peristiwa tersebut. Beberapa saksi juga sudah periksa.

“Saksi sudah kami periksa, kami bawa ke polres untuk dimintai keterangan,” katanya.

Aksi perusakan gerobak itu viral di media sosial. Berdasarkan rekaman CCTV, semula terlihat seorang pria mengenakan topi putih yang berjalan sambil menenteng dua sajam di tangan kanan dan kiri.

Dalam narasi yang beredar, pria tersebut mengamuk lantaran ditagih uang bubur yang telah dipesan. Disebutkan, pelaku awalnya berjanji akan kembali lagi dengan membawa uang, tetapi malah membawa sajam hingga menghancurkan gerobak Udin.

Topik Menarik