Magis Shin Tae-yong! Timnas Indonesia U-23 Putus Rekor 17 Kemenangan Beruntun Korea Selatan

Magis Shin Tae-yong! Timnas Indonesia U-23 Putus Rekor 17 Kemenangan Beruntun Korea Selatan

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 19:45
share

Magis Shin Tae-yong! Timnas Indonesia U-23 Putus Rekor 17 Kemenangan Beruntun Korea Selatan

DOHA, iNews.id- Timnas Indonesia U-23 mengukir pencapaian fantastis setelah mengalahkan Timnas Korea Selatan U-23 di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia berhasil mengalahkan Korea lewat babak adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Tendangan Pratama Arhan menjadi penentu kemenangan tim asuhan Shin Tae Yong itu.

Skuad Garuda Muda pun menghasilkan catatan gemilang dengan kemenangan itu. Mereka berhasil memutus 17 kemenangan beruntun yang telah diraih oleh Taeguk Warriors -julukan Korsel.

Ya, sebelum dikalahkan Indonesia dini hari tadi, tim arahan Hwang Sun Hong itu selalu menang dalam 17 pertandingan berturut-turut. Mereka melibas negara-negara besar seperti Prancis, Jepang, Arab Saudi hingga Australia.

Di fase grup Piala Asia U-23 2024 sendiri Korea Selatan tak menelan satu pun kekalahan di Grup B. Mereka menyapu bersih tiga laga yang ada melawan Uni Emirat Arab (UEA), China dan Jepang dengan kemenangan tanpa sekalipun kebobolan.

Namun, setelah dibobol oleh Indonesia, Korea Selatan langsung tersingkir dari Piala Asia U-23 2024. Alhasil, Marselino Ferdinan dan kolega memupus harapan mereka tampil di Olimpiade Paris 2024.

Bahkan, Indonesia membuat Korea Selatan gagal tampil di Olimpiade untuk kali pertama sejak 1984. Padahal semestinya Paris 2024 menjadi kali ke-10 secara beruntun tim sepakbola mereka mentas di pesta olahraga terakbar di dunia itu.

Dalam pertandingan itu, Skuad Garuda Muda unggul lebih dulu pada menit 15 lewat gol cantik Rafael Struick sebelum akhirnya Korea Selatan menyamakan kedudukan via gol bunuh diri Komang Teguh pada menit 45. Selepas itu, Struick sukses membawa Tim Merah-Putih unggul lagi tepat di penghujung babak pertama.

Pada menit 70, Taeguk Warriors mulai bermain dengan 10 pemain setelah Lee Young Jun diganjar kartu merah langsung oleh wasit usai melakukan pelanggaran keras pada Justin Hubner. Namun, setelah unggul jumlah pemain, Indonesia U-23 malah kebobolan oleh gol Jeong Sang bin pada menit 84, yang membuat skor 2-2 mengakhiri waktu normal dan terus bertahan hingga babak tambahan waktu berakhir.

Kemenangan Tim Merah-Putih sendiri datang setelah Ernando Ari menepis tendangan Kang Hee Lee. Kemudian, Pratama Arhan sukses melakukan eksekusi penalti keduanya dengan sangat apik sehingga dia memastikan Indonesia menumbangkan sang raksasa Asia.

Dengan hasil tersebut, Indonesia melenggang ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Selanjutnya, Marselino Ferdinan dan kolega akan berhadapan dengan pemenang laga perempat final antara Arab Saudi dengan Uzbekistan yang baru akan digelar pada Jumat (26/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Jika berhasil melangkah ke final, maka Indonesia mengamankan tiket ke Olimpiade 2024. Namun jika kalah di semifinal, mereka harus memenangkan pertandingan perebutan peringkat ketiga agar bisa tampil di Paris.

Namun, jika Pratama Arhan dkk berakhir di peringkat keempat Piala Asia U-23 2024, maka mereka akan bertanding melawan Guinea yang merupakan tim peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023. Pemenang laga tersebut akan menyegel tiket terakhir cabang olahraga sepakbola di Paris 2024.

Topik Menarik