7 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-23 Setelah Berhasil Kalahkan Korea Selatan

7 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-23 Setelah Berhasil Kalahkan Korea Selatan

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 14:24
share

JAKARTA, iNews. id - 7 fakta menarik Timnas Indonesia U-23 wajib disimak. Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 baru saja mencatat sejarah dalam sepak bola nasional dengan kemenangan bersejarah atas Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024 , Jumat dini hari tadi.

Pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Korea Selatan. Pertandingan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, dan berakhir dengan skor imbang 2-2 selama 90 menit waktu normal.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Rafael Struick pada menit ke-15 dan menit ke-45+4. Gol Korea Selatan didapat melalui gol bunuh diri Komang Teguh pada menit ke-45 dan aksi Jeong Sang-bin pada menit ke-84.

Karena hasil imbang, pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Setelah 120 menit bermain, skor tetap 2-2.
Dalam adu penalti, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10. Kemenangan ini merupakan prestasi bersejarah bagi Timnas U-23 Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang berhasil mengantarkan Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Berikut adalah 7 fakta menarik Timnas Indonesia U-23 setelah prestasi gemilang ini:

7 Fakta Menarik Timnas Indonesia U-23

1. Materi Pemain

Terdapat nilai plus bagi Timnas Indonesia U-23 yang nantinya meladeni Korea Selatan di laga perempat final. Sebab, skuad Garuda Muda separuhnya berisikan pemain-pemain yang sudah main di level senior.

Namun, hal tersebut justru tidak berlaku bagi Korea Selatan. Skuad asuhan Hwang Sun-hong banyak dipenuhi oleh pemain yang belum bermain di level senior. Serta, belum adanya pemain yang merumput di level Eropa.


2. Pencapaian Bersejarah

Sebagai debutan di turnamen ini, capaian Timnas U-23 Indonesia telah melampaui ekspektasi banyak pengamat. Kemenangan ini tidak hanya membuktikan kekuatan tim, tetapi juga kesiapan mereka untuk bersaing di level yang lebih tinggi.

Pelatih Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang berhasil mengantarkan Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

3. Putus Rekor Korea

Kemenangan ini menandai kegagalan Korea Selatan untuk mempertahankan tren partisipasi mereka di Olimpiade sejak tahun 1988. Ini merupakan kali terakhir Olimpiade diikuti oleh tim nasional senior sebelum regulasi U-23 diterapkan pada 1992.

4. Potensi Langsung Lolos Olimpiade Paris 2024

Jika Timnas U-23 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan semifinal melawan pemenang antara Uzbekistan dan Arab Saudi, mereka akan otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024.

5. Rafael Struick

Penyerang Indonesia, Rafael Struick, mencatatkan dua gol dalam pertandingan ini. Kontribusinya menjadi kunci kesuksesan tim.

6. Dramatis hingga Adu Penalti

Pertarungan selama 120 menit berakhir imbang 2-2. Dalam adu penalti, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10.

7. Faktor Pelatih

Seperti diketahui, Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong sama-sama berasal dari Korea Selatan. Kedua pelatih pun juga memiliki catatan apik saat melatih tim sepak bola negaranya.

Tentu, masih segar di ingatan pencinta sepak bola saat Timnas Korea Selatan mampu tampil mengejutkan di Piala Dunia 2018. Di ajang tersebut skuad asuhan Shin Tae-yong mampu kalahkan Jerman (2-0) yang saat itu berstatus sebagai juara bertahan di edisi Piala Dunia 2014.

Sementara itu, Hwang Sun-hong baru saja ditunjuk sebagai caretaker pelatih Timnas Korea Selatan sejak 27 Februari 2024. Sebab, asosiasi sepak bola negara tersebut baru saja memecat Jurgen Klinsmann dari posisi pelatih usai gagal bawa Taeguk Warriors juara Piala Asia 2023.

7 fakta menarik Timnas Indonesia U-23 cukup jelas bukan? Semoga skuad Garuda Muda bisa berhasil menjadi pemenang Piala Asia U-23 2024.

Topik Menarik