Ratusan Orang Gelar Aksi Dukung Palestina di Kampus Universitas George Washington AS

Ratusan Orang Gelar Aksi Dukung Palestina di Kampus Universitas George Washington AS

Terkini | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 06:02
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Ratusan orang berpartisipasi dalam aksi mendukung Palestina di Universitas George Washington, Kamis (25/4/2024). Aksi tersebut menyusul munculnya demonstrasi serupa di kampus-kampus lain di seluruh Amerika Serikat. 

Para pengunjuk rasa mendirikan puluhan tenda di halaman kampus yang terletak di ibu kota AS, Washington DC, itu untuk memprotes operasi militer Israel di Jalur Gaza. Seorang koresponden Sputnik melaporkan dari tempat kejadian bahwa kerumunan semakin bertambah sejak Kamis pagi dan tetap berjalan secara damai, meski kehadiran aparat kepolisian meningkat di kawasan tersebut. 

Para pengunjuk rasa memegang spanduk bertuliskan slogan-slogan antara lain “Stand with Palestine” dan “Hentikan Genosida”. Beberapa orang juga berdemonstrasi mendukung Israel di kampus sambil mengibarkan bendera zionis. 

Aksi protes di Universitas George Washington muncul bersamaan dengan demonstrasi lain yang terkait dengan konflik Israel-Hamas di kampus-kampus AS dalam beberapa hari terakhir. Dalam beberapa kasus, pengunjuk rasa ditangkap oleh aparat penegak hukum. 

Beberapa demonstrasi dianggap sebagai anti-Semit (baca: anti-Yahudi), termasuk oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Joe Biden. Namun, Senator AS Bernie Sanders, yang merupakan keturunan Yahudi, mengatakan pada Kamis bahwa menentang kebijakan Pemerintah Israel bukanlah anti-Semitisme. 

Pada 7 Oktober, gerakan pejuang Hamas menyerang Israel sebagai pembalasan atas kejahatan zionis terhadap warga Palestina. Serangan Hamas kala itu menewaskan sekitar 1.200 penduduk Israel yang terdiri atas militer dan sipil. Hamas juga menculik sekitar 230 orang Israel lainnya. 

Israel lalu melancarkan operasi militer di Jalur Gaza, dan sejak itu membantai lebih dari 34.000 warga sipil Palestina dan melukai lebih dari 77.000 lainnya.

Topik Menarik