Ini Dia Lift Terbesar di Dunia, Dipesan Khusus Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Ini Dia Lift Terbesar di Dunia, Dipesan Khusus Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 14:35
share

NEW DELHI, iNews.id - Lift penumpang terbesar di dunia ada di Mumbai, India. Elevator buatan perusahaan Finlandia, KONE, itu bisa mengangkut hingga 235 orang sekaligus atau bobot 60 ton.

Lift tersebut mulai beroperasi pada 2022 di Gedung Jio World Center, Mumbai. Sebagaimana fungsi dari gedung yakni convention center, lift didesain sesuai pesanan pengelola gedung agar bisa mengangkut banyak orang sekaligus. 

“Kami dengan bangga mengumumkan bahwa lift penumpang terbesar di dunia dibuat oleh KONE dan berada di India. Kami bangga menawarkan solusi yang dibuat khusus untuk proyek-proyek unik,” kata Amit Gossain, managing director KONE Elevators India, dikutip dari Oddity Central.

Luas lift tersebut 25,78 meter persegi atau seukuran unit apartemen studio. Karena ukurannya yang sangat besar, lift mengandalkan sistem balok katrol inovatif yang terdiri atas 18 katrol, 9 tali baja, dan rel yang dipasang pada kolom baja.

Lift memiliki pintu dan dinding kaca yang unik. Dinding kaca pada lift menawarkan pemandangan ke sekeliling yang indah dipadukan dengan langit-langit bertabur kristal.

Meski hanya bergerak lima lantai dengan kecepatan 1 meter per detik, lift juga dilengkapi dua sofa untuk sekadar duduk.

Gossain mengatakan, beberapa pakar KONE dari semua kantor cabang di dunia bekerja sama untuk merancang dan menyelesaikan proyek paling menantang dan kompleks tersebut.

KONE belum mengungkapkan harga lift pesanan tersebut, namun karena dipesan khusus oleh Reliance Industries, perusahaan swasta terbesar di India, harganya tak mungkin murah.

Topik Menarik