Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menhan AS usai Jadi Presiden Terpilih

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menhan AS usai Jadi Presiden Terpilih

Terkini | inews | Kamis, 25 April 2024 - 13:21
share

JAKARTA, iNews.id - Prabowo Subianto mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Pertahanan (Menhan) AS, Lloyd J Austin III, setelah KPU menetapkannya sebagai presiden terpilih 2024. Austin memberikan ucapan itu melalui sambungan telepon.

"Menteri Austin menyampaikan kembali ucapan selamat dari Presiden Biden kepada Menteri Prabowo atas kemenangannya baru-baru ini dalam pemilihan presiden Indonesia," demikian bunyi keterangan pers Kementerian Pertahanan AS, Kamis (25/4/2024). 

Prabowo pun langsung mengucapkan terima kasih dan menegaskan kembali komitmen Indonesia dalam membina kemitraan yang erat dengan AS. 

"Saya berbahagia menerima telepon yang hangat dari sahabat saya yang terhormat, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Yang Mulia Llyod J. Austin Ill, yang menyampaikan ucapan selamat atas hasil pemilihan presiden," kata Prabowo.

Prabowo dan Austin juga membahas mengenai hubungan pertahanan AS-Indonesia, serta berbagi pandangan mengenai dinamika keamanan regional dan global. Keduanya pun membahas potensi mempererat kerja sama pertahanan termasuk modernisasi militer Indonesia.

"Percakapan kita hari ini mencerminkan komitmen untuk memajukan kepentingan bersama kedua negara besar kita. Saya berharap dapat meningkatkan kemitraan kita dan berkolaborasi secara erat dalam isu-isu strategis," ucapnya.

Dalam sambungan telepon itu, Austin juga kembali menekankan pentingnya shared values antara keduanya, yang merupakan negara demokrasi terbesar di dunia. Ia pun mengapresiasi keberhasilan Indonesia yang melakukan airdrop bantuan kemanusiaan ke Gaza beberapa waktu lalu.

Hal lainnya yang turut disepakati adalah menjaga aturan dan norma internasional demi mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Topik Menarik