Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez Diselidiki atas Dugaan Korupsi

Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez Diselidiki atas Dugaan Korupsi

Terkini | inews | Rabu, 24 April 2024 - 21:10
share

MADRID, iNews.id Pengadilan di Madrid membuka penyelidikan terhadap istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, atas dugaan praktik rasuah. Perempuan itu diduga menjual pengaruh dan melakukan korupsi bisnis.

Perkara itu terungkap lewat laporan surat kabar online Spanyol, El Confidencial , pada Rabu (24/4/2024), dengan mengutip keputusan pengadilan. Persidangan kasus tersebut sedianya diadakan secara tertutup. Namun, pengadilan akhirnya memutuskan untuk memublikasikannya.

Terungkapnya kasus tersebut setelah serikat pekerja Manos Limpias (Tangan Bersih) mengajukan pengaduan atas istri sang perdana menteri. Mereka juga menuntut agar sidang perkara itu digelar secara terbuka.

Menurut media, pengadilan akan menyelidiki hubungan Gomez dengan beberapa perusahaan swasta, yang diduga menerima dana dan kontrak sejumlah proyek negara dari pemerintah suaminya. Dari situ, pihak berwenang dapat menentukan apakah ada indikasi jual beli pengaruh Sanchez dalam hubungan tersebut.

Dalam sidang di Parlemen Spanyol, Sanchez hanya mengatakan bahwa dia masih "percaya pada keadilan" yang dijalankan oleh sistem peradilan di negara itu. Dia mengulangi pernyataan tersebut sebanyak dua kali.

Topik Menarik