Eks Anak Buah SYL Ungkap Ada Uang Tip untuk Paspampres Jokowi

Eks Anak Buah SYL Ungkap Ada Uang Tip untuk Paspampres Jokowi

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 15:20
share

JAKARTA, iNews.id - Staf Biro Umum Pengadaan Kementerian Pertanian (Kementan), Muhammad Yunus mengungkap ada pemberian uang tip untuk Paspampres Presiden Joko Widodo (Jokowi). Uang tersebut sebesar Rp500.000.

Awalnya salah satu pengacara hukum terdakwa Syahrul Yasin Limpo (SYL), menanyakan tabel pengeluaran yang dibuat Yunus dan telah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

"Ada beberapa, saya coba ambil ini seperti operasional menteri untuk ajudan RI 1 (presiden) tiga kali Rp500.000. Apakah itu untuk pribadi Pak Menteri?," tanya pengacara SYL kepada saksi Yunus dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/5/2024). 

Yunus menjawab jika uang yang ditanyakan itu bukan untuk operasional pribadi SYL. Ia mengaku, hal tersebut atas perintah atasannya. 

"Sekarang kalau saya tanya untuk ajudan RI 1 (presiden) tiga kali Rp500.000 itu?," tanya pengacara SYL lagi.

"Itu maksudnya bukan kebutuhan pribadi saja, kegiatan Pak Menteri di luar itu juga," jawab saksi. 

Ketua Majelis Hakim, Rianti Adam Pontoh kemudian mengambil alih pertanyaan. Dia meminta saksi apakah memisahkan catatan kepentingan kedinasan dan pribadi SYL. 

Rianto pun kembali memperjelas terkait pengeluaran Rp500.000. "Uang Rp500.000 untuk apa tadi, ajudan?" cecar Hakim. 

"Untuk tip," jawab Saksi. 

Rianto kemudian mengonfirmasi pertanyaan pengacara SYL soal uang tersebut. Pengacara SYL menyebutkan, terdapat pengeluaran Rp500.000 sebanyak tiga kali. 

"Paspampres Rp500.000 per orang. Berapa orang, tiga?" tanya hakim.

"Iya di sini tertulis tiga kali Rp500.000," jawab pengacara SYL lagi. 

Yunus pun mengakui pernah mengeluarkan biaya uang Rp500.000 tiga kali. Dia mengeluarkan uang tersebut atas perintah atasannya. 

"Pak Isnar, Kasubag saya pak," kata Yunus.

Topik Menarik