KPU Klaim Sudah Kirim Undangan Penetapan Prabowo-Gibran ke Ganjar-Mahfud

KPU Klaim Sudah Kirim Undangan Penetapan Prabowo-Gibran ke Ganjar-Mahfud

Terkini | inews | Rabu, 24 April 2024 - 15:10
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim sudah mengirimkan surat undangan acara rapat pleno terbuka penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih kepada pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Undangan dikirimkan menggunakan dua metode.

"Kami pastikan surat undangan sudah disampaikan," kata Anggota KPU Idham Holik kepada wartawan, Rabu (24/4/2024).

Dia menyebutkan, pengiriman undangan dilakukan dalam bentuk fisik dan digital dengan mengirimkan soft file undangan.

"Sekitar jam 10 malam, saya secara pribadi sempat komunikasi dengan Mas Candra untuk menyampaikan surat tersebut. Mas Candra ini LO (Liaison Officer) dari paslon 03," ujar dia.

Sementara itu, LO Ganjar-Mahfud Lisa Elfena menyatakan pihaknya baru menerima undangan dari KPU dua jam sebelum acara itu dimulai.

Awalnya, Lisa mengaku menerima undangan dari KPU terkait acara itu pada Selasa (23/4/2024) malam. Hanya saja, undangan itu ditujukan kepada ketua umum partai politik pengusung Ganjar-Mahfud.

"Betul bahwa undangan semalam diterima 20.30 WIB untuk ketum parpol pengusung," kata Lisa kepada iNews Media Group, Rabu (24/4/2024).

Surat itu, kata Lisa, dikirimkan melalui dokumen elektronik melalui aplikasi chat WhatsApp. Undangan yang diterimanya saat itu hanya ditujukan kepada pimpinan partai politik PDIP, PPP, Perindo dan Hanura.

"Kalo hanya untuk ketum atau petinggi parpol ya kami kirim ke ketum atau petinggi parpol," tuturnya.

Pada Rabu pukul 05.30 WIB, Lisa kembali bertanya kepada petugas KPU terkait ada atau tidaknya undangan untuk paslon. Namun, saat itu dia hanya mendapatkan undangan yang sama yaitu untuk pimpinan partai politik.

Lisa akhirnya menghubungi kerabatnya yang bertugas sebagai LO Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). "Saya terima undangan untuk paslon malah dari LO AMIN (Anies-Muhaimin)," tutur dia.

Mendapatkan undangan paslon dari kubu AMIN, Lisa akhirnya mengejar kembali petugas KPU terkait undangan khusus Ganjar-Mahfud. Pada akhirnya, kata dia, undangan itu baru diterima pada pukul 08.03 WIB.

"Saya akhirnya minta (undangan untuk 03 ke KPU) saya kejar kan. Akhirnya baru saya terima tanggal 24 April 2024 pukul 08.03 WIB," jelasnya.

Topik Menarik