Jokowi Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis RS

Jokowi Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis RS

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 10:01
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan program pendidikan dokter spesialis berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU), Senin (6/5/2024). Peresmian dilakukan di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta.

"Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya luncurkan pendidikan dokter spesialis berbasis rumah sakit pendidikan sebagai penyelenggara utama," kata Jokowi.

Dia bercerita pernah mendengar keluhan di daerah bahwa tidak ada dokter spesialis di kawasan tersebut.

"Ini menjadi PR besar kita menurut saya, karena rasio dokter berbanding penduduk kita saya juga kaget. Saya tadi pagi baru baca 0,47 dari 1.000, peringkat 147 dunia, sangat rendah sekali. Di ASEAN kita peringkat 9, berarti masuk 3 besar tapi dari bawah," katanya.

Jokowi berharap kekurangan dokter spesialis tersebut dapat segera terisi. Sehingga alat-alat canggih kesehatan yang sudah diberikan ke daerah-daerah dapat digunakan secara baik.

"Dan tadi Pak Menkes sudah menyampaikan bahwa dokter umum masih kurang 124.000, dokter spesialis masih kurang 29.000, jumlah yang tidak sedikit ini yang harus segera diisi. Jangan sampai peralatan yang tadi sudah sampai di kabupaten kota, yang sudah sampai di provinsi, tidak berguna gara-gara dokter spesialisnya yang tidak ada," ungkapnya.

Topik Menarik