Sambil Makan Durian, Luhut dan Menlu China Asyik Bahas Kereta Cepat hingga Program Food Estate

Sambil Makan Durian, Luhut dan Menlu China Asyik Bahas Kereta Cepat hingga Program Food Estate

Ekonomi | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 18:28
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berkesempatan menyambut Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Labuan Bajo. Hal itu terlihat dalam Instagram resmi Luhut.

"Saya memang ingin menjamu H.E. Wang dengan mengajaknya menikmati hamparan keindahan alam Indonesia, selain Toba dan Bali yang pernah beliau kunjungi beberapa tahun lalu," ucapnya dikutip iNews.id, Jumat (19/4/2024).

Menurut Luhut, Wang terlihat tampak menikmati suasana tenang dari Sunset Diplomacy Meeting dengan pemandangan senja tepi pantai. Pemandangan cantik itu juga disertai siluet pulau-pulau kecil yang sangat memanjakan mata.

"Saya katakan kepada beliau bahwa ini baru sebagian, masih ada pemandangan lain yang lebih memukau akan saya tunjukkan besok, sebelum kami memulai Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM)," ujar dia.

Tak lupa, Luhut juga menyajikan durian untuk dinikmati berdua. Dalam pertemuan itu, mereka bahkan membahas berbagai macam hal, seperti proyek kereta cepat, program food estate hingga pembangunan pelabuhan.

"Sambil menyajikan durian yang menjadi buah kesukaan sahabat saya ini, kadang kami membicarakan hal-hal serius seperti kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Juga rencana proyek penanaman padi di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah dan pengembangan TSTH di Toba, hingga rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung," kata Luhut.

"Tak jarang juga kami membahas hal-hal ringan, seperti bagaimana kesamaan akan prinsip saling terbuka, juga keanekaragaman budaya yang Indonesia dan Tiongkok miliki, mampu mendekatkan hubungan bilateral antara kedua negara sahabat ini," tutur dia.

Topik Menarik