Menkominfo Budi Arie Bertemu Mantan PM Inggris Tony Blair, Bahas Data Center hingga Starlink

Menkominfo Budi Arie Bertemu Mantan PM Inggris Tony Blair, Bahas Data Center hingga Starlink

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 17:55
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budie Arie Setiadi bertemu Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair. Pertemuan yang dilangsungkan di kantor Kominfo ini membahas beberapa isu.

Menkominfo Budi mengatakan dia dan Tony bersama Tony Blair Institute membahas tiga isu utama. Di antaranya terkait data center, starlink connectivity, dan digital.ID. Selain itu, kedua pihak juga berbicara menyangkut generatif AI.

"Kita berdiskusi mengenai hal tersebut dan beliau juga menyampaikan soal kekhawatiran mengenai generatif AI. Kita tahu bahwa AI ada tiga fundamen penting, yang pertama harus mesti aman, etik, dan harus trust worthy, saling percaya," kata Menkominfo.

Menkominfo Budi menyebut, Indonesia belum memiliki regulatory framework terkait AI, baru sebatas surat edaran dan pedoman terkait etika saja. Dia meminta agar bisa bekerja sama menciptakan regulatory framework yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan AI di Tanah Air.

"Kita juga minta support untuk bagaimana framework reguler framework ini yang bisa diberlakukan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan kita dan perkembangan AI depan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wamenkominfo, Nezar Patria menambahkan, pertemuan dengan Tony Blair ini merupakan pertemuan kedua setelah sebelumnya membahas isu GovTech. Pada intinya di pertemuan kedua ini adalah membicarakan hubungan Tony Blair Institute untuk transformasi digital di Indonesia.

"Kita menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Tony Blair Institute untuk mempercepat, mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Dan Tony Blair Institute juga menyampaikan concern mereka tentang generatif AI yang saat ini perkembangannya mempunyai lompatan-lompatan kuantum yang kadang-kadang unpredictable dengan resiko-resiko yang juga tidak terduga," kata Nezar.

Sekadar informasi, pertemuan Menkominfo dan Tony Blair berlangsung tertutup. Tony Blair sendiri sesaat setelah pertemuan selesai, langsung balik kanan tanpa mengeluarkan statement apapun kepada awak media.

Topik Menarik