Israel Kerap Abaikan Resolusi DK PBB, Pengamat: Satu-Satunya Jalan Turunkan Netanyahu

Israel Kerap Abaikan Resolusi DK PBB, Pengamat: Satu-Satunya Jalan Turunkan Netanyahu

Terkini | inews | Jum'at, 19 April 2024 - 14:28
share

JAKARTA, iNews.id - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan Israel kerap melancarkan serangan dan melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Dia menilai pencopotan Benjamin Netanyahu dari jabatan Perdana Menteri (PM) Israel bisa menjadi solusi.

Sebab, pemerintahan baru diharapkan dapat menghadirkan kebijakan yang menciptakan kondusivitas dunia.

Menurutnya, keputusan Netanyahu kerap berdampak besar, terlebih menyangkut kedamaian di Gaza, Palestina. Bahkan keputusan Netanyahu kerap membuat gaduh dunia.

"Oleh karena itu menurut saya satu-satunya jalan adalah menurunkan Perdana Menteri Netanyahu supaya dia tidak berkuasa lagi. Ini mungkin akan jadi harapan dari dunia," ucap Hikmahanto kepada iNews Media Group, Jumat (19/4/2024).

Menurutnya, harapan itu tertumpu pada Amerika Serikat yang dapat menggerakkan rakyat Israel anti-pemerintahan Netanyahu untuk membuat pergerakan.

"Lalu juga oposisi, jadi partai-partai oposisi juga kita harapkan mereka akan semakin gencar untuk meminta Perdana Menteri Netanyahu turun dari kursi perdana menterinya," kata Hikmahanto.

"Karena harapannya adalah ganti pemerintahan akan ganti kebijakan, dan kebijakan ini diharapkan lebih memahami situasi dunia yang tidak membutuhkan perang," katanya.

Topik Menarik