Marak Praktik Jual Beli Rusunawa di Jakut, Jangan Sampai Tertipu!

Marak Praktik Jual Beli Rusunawa di Jakut, Jangan Sampai Tertipu!

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 10:23
share

JAKARTA, iNews.id - Beredar kabar marak jual beli unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Jakarta Utara, tak terkecuali di Rusunawa Muara Baru. Rusunawa yang sedianya diperuntukkan bagi warga relokasi atau korban gusuran dijual mulai seharga Rp50 juta per unitnya.

Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) IV mengimbau warga DKI Jakarta tidak mudah tertipu dengan oknum yang menawarkan jual beli rusunawa.

Kepala Satuan Pelaksana Penertiban UPRS IV, Erik Taufik mengatakan, banyak oknum yang membujuk warga untuk membeli rusun dengan membawa nama pengelola.

"Ada orang yang mengajak ngobrol warga bilang 'kita kenal dekat dengan pengelola' akhirnya, banyak warga yang tertipu daya," ujar Erik, Kamis (2/5/2024).

Erik mengingatkan, apabila warga ingin menempati rusun maka lebih baik mengikuti aturan yang ada.

"Ikutilah aturan dengan SOP yang ada," kata dia.

Kasus jual beli rusun diakui sudah sering terjadi di wilayah Jakarta Utara. Keberadaan rusun yang merupakan hunian terjangkau di Jakarta dianggap sebagai pilihan dan banyak diminati orang.

Erik menyebut, sudah banyak orang yang tertipu puluhan hingga ratusan juta rupiah karena membeli rusun di Jakarta Utara dengan oknum yang tidak jelas. Dia memastikan, pengelola UPRS IV selalu berusaha menegakkan peraturan.

"Jika memang terbukti ada unit rusun yang diperjualbelikan maka pengelola tak segan untuk meminta penghuninya pindah," katanya.

Topik Menarik