TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Bantuan bagi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Bantuan bagi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Terkini | inews | Kamis, 18 April 2024 - 13:37
share

JAKARTA, iNews.id - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan kapal perang untuk mengirimkan bantuan bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Kapal yang dikerahkan yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap-811.

“KRI Kakap-811 unsur TNI AL yang dikerahkan ke lokasi bencana membawa bantuan kemanusiaan dari Kementerian Sosial serta sejumlah bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat,” ujar Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Muhammad Ali dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).

Dia mengatakan, jajarannya akan melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sekaligus bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk penanggulangan bencana alam.

“Untuk itu kita selalu stand by pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana, serta kita siapkan kapal-kapal terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado Laksamana Pertama Nouldy J Tangka mengatakan dalam operasi OMSP, TNI AL menyiapkan kekuatan sebanyak 400 personel yang terdiri dari unsur KRI, Markas Komando Lantamal VIII, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, Marinir Yonmarhanlan dan tenaga kesehatan TNI AL untuk pengoperasian posko penanggulangan bencana.

“Tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang, salah satunya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ujar Noudly.

Adapun bantuan yang dibawa TNI AL terdiri dari ribuan paket makanan, selimut, tenda, genset hingga pakaian untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Topik Menarik