Para kiai dan santri di Jombang Sepakat Mantan Ketua PCNU Maju Pilkada 2024

Para kiai dan santri di Jombang Sepakat Mantan Ketua PCNU Maju Pilkada 2024

Terkini | mojokerto.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 07:50
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Para kiai dan santri di Jombang Kompak mengusulkan dan memutuskan untuk mendorong KH. Salmanuddin Yazid atau Gus Salman maju dalam Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) tahun 2024. Mereka bersepakat setelah melakukan musyawarah dari masing-masing perwakilan 4 kecamatan di Kabupaten Jombang di Pondok Pesantren At-Taufiq, Sambongdukuh, Kabupaten Jombang, Selasa (30/4/2024).

Saat itu, puluhan kiai dan santri musyawarah untuk berembuk dan menyepakati sosok yang pantas untuk memimpin Jombang pada Pilkada 2024. hampir 2 jam mereka bermusyawarah hingga akhirnya menyepakati mengusung Gus Salman yang merupakan mantan Ketua PCNU (Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama) Jombang periode 2017-2022.

Keputusan itu mencerminkan dukungan kuat dari kalangan agama Islam terhadap sosok yang dianggap memiliki komitmen dan integritas untuk memimpin Jombang ke arah yang lebih baik.

Pada forum yang dihadiri oleh sejumlah kiai dan santri terkemuka di Jombang, dibahas berbagai aspek terkait kepemimpinan dan kriteria calon yang diinginkan untuk memimpin Jombang ke depan. Setelah melakukan evaluasi mendalam, diputuskan bahwa mantan Ketua PCNU Jombang merupakan sosok yang tepat untuk mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin daerah.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh Ahmad Ali Zaim Pengasuh Pondok Pesantren At-Taufiq mengatakan keputusan untuk mendukung Gus Salman didasarkan pada rekam jejaknya yang telah teruji dalam memimpin dan melayani masyarakat, serta komitmennya untuk menjaga kerukunan antarumat beragama dan mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh warga Jombang.

Dari hasil musyawarah tadi harapan kami untuk pemimpin Jombang dari tokoh NU. Karena Jombang merupakan tempat berdirinya NU kami berharap tokoh NU bisa berpartisipasi dalam kontestasi Pilkada 2024 ini, katanya kepada awak media, Selasa (30/4/2024).

Menurutnya, keputusan untuk mendorong sosok Gus Salman untuk maju dalam Pilkada 2024 murni keinginan para kiai tidak ada unsur dari organisasi ataupun partai politik. Kepemimpinannya dalam memimpin PCNU Jombang selama satu periode Gus Salman dianggap mampu merangkul semua kalangan.

Insyalloh tadi disepakati muncul nama Gus Salman Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung. Dari forum kiai ini akan kami sodorkan nama tersebut. Beliau dulu juga mantan ketua PCNU Jombang setidaknya beliau mulai tingkat kecamatan hingga ranting sudah kenal semua, ujarnya.


Mantan Ketua PCNU Maju Pilkada 2024 sesuai petunjuk kiai. Foto iNewsMojokerto/zainul

Keputusan forum para kiai dan santri Jombang ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi Gus Salman dalam perjalanannya menuju Pilkada yang digelar November 2024 mendatang. Harapanya, insyalloh beliau (Gus Salman) lebih peduli kepada masyarakat khususnya pada pesantren dan santri serta para Guru Madrasah, harapnya.

Topik Menarik