Jokowi Ucapkan Selamat Hari Buruh: Setiap Pekerja adalah Pahlawan

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Buruh: Setiap Pekerja adalah Pahlawan

Terkini | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 11:32
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2024). Dia menyebut setiap pekerja merupakan pahlawan yang menjaga roda perekonomian.

"Setiap pekerja adalah pahlawan sehari-hari yang menjaga roda perekonomian terus berputar," tulis Jokowi pada akun Instagram @jokowi, Rabu (1/5/2024).

Dia mengajak para buruh terus berjuang mencapai kesejahteraan.

"Mari kita teruskan semangat juang para buruh untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan bersama. Selamat Hari Buruh Internasional," tulisnya.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Diketahui, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh atau di dunia internasional disebut May Day. Hari ini, ditetapkan menjadi hari libur dan perayaannya berlangsung di seluruh dunia.

Hari Buruh memiliki sejarah yang sangat panjang, yakni berawal dari abad ke-19. Kala itu buruh di Amerika Serikat mengumumkan keluhan terkait pekerjaan yang dinilai tak manusiawi.

Hari Buruh dimulai ketika para buruh Amerika Serikat dituntut untuk bekerja belasan jam sehari. Banyak dari mereka akhirnya melayangkan protes.

Para buruh kemudian membentuk Federation of Organized Trades and Labour Unions (FOTLU), yang kemudian menjadi American Federation of Labour (AFL), mengadakan konvensi di Chicago pada 1884.

FOTLU memproklamirkan delapan jam kerja untuk tenaga kerja sejak dan setelah 1 Mei 1886.

Di Indonesia, peringatan Hari Buruh dimulai pada tahun 1920. Namun, di masa pemerintahan Orde Baru, peringatan Hari Buruh dikaitkan dengan gerakan komunis sehingga dihapus sebagai hari libur nasional.

Melansir laman Kemdikbud, usai Orde Baru, peringatan Hari Buruh kembali marak di Indonesia sebagai wujud solidaritas pekerja.

Topik Menarik