Jet Tempur China Tempel Pesawat Mata-Mata AS di Selat Taiwan

Jet Tempur China Tempel Pesawat Mata-Mata AS di Selat Taiwan

Terkini | inews | Rabu, 17 April 2024 - 15:39
share

BEIJING, iNews.id - China mengerahkan jet tempur untuk memantau aktivitas serta memperingatkan pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) yang terbang di Selat Taiwan, Rabu (17/4/2024). Pesawat pengintai sekaligus patroli Angkatan Laut (AL), P-8A Poseidon, tersebut melintas di perairan Selat Taiwan beberapa jam setelah menteri pertahanan (menhan) dari kedua negara berbicara melalui telepon.

Armada ke-7 Angkatan Laut AS menyatakan, pesawat P-8A Poseidon yang juga digunakan untuk misi anti-kapal selam terbang di wilayah udara internasional.

“Dengan beroperasi di Selat Taiwan sesuai dengan hukum internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua negara,” bunyi pernyataan.

Disebutkan kehadiran pesawatnya di Selat Taiwan merupakan bentuk komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Sementara itu militer China menyebut, penerbangan pesawat patroli AS itu sebagai bentuk mencari sensasi publik. Pihaknya mengirim jet tempur untuk memantau, memperingatkan, dan menanganinya sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

“Pasukan di teater selalu waspada dan akan dengan tegas membela kedaulatan, keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas kawasan,” bunyi pernyataan Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), dikutip dari Reuters.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan menyatakan pesawat AS terbang ke selatan melalui selat. Militer Taiwan terus memantau situasi, namun tidak melihat adanya kondisi khusus.

AS terakhir kali mengerahkan pesawat mata-mata P-8A Poseidon ke Selat Taiwan pada Desember 2023. Saat itu China juga merespons dengan mengerahkan jet tempur.

Topik Menarik