Cerita Zaskia Mecca Ungkap Biaya Modal Nikah Hanya Rp7,5 Juta

Cerita Zaskia Mecca Ungkap Biaya Modal Nikah Hanya Rp7,5 Juta

Gaya Hidup | inews | Rabu, 17 April 2024 - 10:27
share

JAKARTA, iNews.id - Di tengah banyaknya public figure yang menikah dengan konsep mewah dan biaya fantastis, artis Zaskia Mecca ternyata tak melakukan hal serupa ketika menikah dengan Hanung Bramantyo. Dia mengaku hanya mengeluarkan uang Rp7,5 juta saat menikah.

Zaskia pun heran melihat fenomena di mana seolah menikah menjadi suatu hal yang menyulitkan karena harus menelan biaya yang besar.

"Aku enggak habis pikir orang mau nikah keluar duit banyak karena orang Indonesia tuh kasihan loh, budaya kita membuat pernikahan itu menjadi sulit dan jadi mahal," ujar Zaskia Adya Mecca dikutip dari kanal YouTube Gue Sehat.

Menurutnya, budaya yang mengakar di masyarakat, menikah harus dibuat pesta besar-besaran sering kali menyulitkan calon pasangan yang akan menikah. Padahal jika berkaca pada syariat agama Islam yang dianut, menikah bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

"Budaya dan syariat ketika disatukan itu kan syariat itu sebenarnya simpel banget kadang-kadang budaya itu membuatnya jadi sulit gitu sedangkan yang kita butuhkan syariatnya ini yang penting sah aja ngikutin apa yang Rasulullah lakukan. Bahkan sayidina Ali ketika menikah juga kan enggak ada apa-apa, dikasih baju perangnya Rasulullah buat mahar gitu kan. Jadi sebenarnya simpel," ujarnya.

Bahkan, tak jarang ditemukan kasus pasangan yang sampai terpaksa berhutang demi menggelar pesta pernikahan yang mewah. Padahal menurutnya, sejatinya pasangan yang akan menikah nantinya akan memulai hidup yang baru sehingga harus memiliki finansial yang cukup. Jangan sampai uangnya habis hanya untuk acara pesta pernikahan yang hanya berlangsung beberapa jam saja.

"Banyak orang Indonesia ketika nikah akhirnya terbebani jadi hutang terus padahal nikah itu adalah memulai hidup baru dari nol sama seseorang gitu. Harusnya punya modal yang banyak, modal malah habis but acara satu malam," katanya.

Maka itu, Zaskia ingin mengubah stigma menikah itu mahal karena masyarakat kerap melihat contoh dari public figure yang sedang tren, menikah dengan konsep yang mewah.

Zaskia ingin memperlihatkan dengan modal Rp7,5 juta saja, pasangan tetap bisa bersatu dalam ikatan pernikahan yang dinikahkan oleh penghulu dan disaksikan oleh orang-orang terdekat. Jika memang tidak mampu menggelar pesta pernikahan mewah maka tidak perlu dipaksakan.

"Jadi buat aku Aku ingin mengembalikan aja mengubah karena kan kalau yang nikah public figure orang banyak yang ngeliat 'Oh si itu nikah, nikahnya kayak apa' jadi standar gitu kan. Nah aku ingin bisa nyontohin ke orang lain, nikah dengan Rp7,5 juta itu cukup," tuturnya.

Topik Menarik