Kisah Artis Lawas Jadi Ibu Hebat, Sukses Besarkan Anak dengan Penyakit Langka 

Kisah Artis Lawas Jadi Ibu Hebat, Sukses Besarkan Anak dengan Penyakit Langka 

Gaya Hidup | inews | Selasa, 30 April 2024 - 08:30
share

JAKARTA, iNews.id - Kisah artis lawas yang satu ini bisa dikatakan sebagai ibu hebat. Sebab, selama tujuh tahun ini dia dengan sabar dan telaten merawat buah hati yang memiliki penyakit langka.

Asri Welas, artis lawas yang juga seorang aktris dan presenter Indonesia ini berbagi cerita tentang perjuangannya menghadapi penyakit langka yang dialami oleh putra keduanya, Rayyan Gibran Ridha Rahardja. Pada usia 3 bulan, Rayyan didiagnosis dengan katarak, kondisi yang biasanya terjadi pada lansia, namun dapat pula muncul pada bayi dan anak-anak.

Penyebab katarak pada Ibran mungkin terkait dengan masalah metabolisme yang berkaitan dengan Air Susu Ibu (ASI). Gejala awal yang ditemukan Asri adalah ketika putranya tidak berkedip, dan juga muncul titik putih di matanya.

Setelah melalui operasi, Ibran panggilan akrabnya, dapat melihat kembali, namun harus menggunakan kacamata dengan lensa +16 untuk membantu penglihatannya. Kisah ini menunjukkan pentingnya deteksi dini dan penanganan yang tepat dalam mengatasi kondisi langka seperti katarak pada bayi, serta mendukung anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Kini, Ibran berusia tujuh tahun, tepat pada 12 April 2024 lalu. Di momen pertambahan usianya itu, Asri Welas merayakan ulang tahunnya bersama teman-teman dari sang anak.

"Anakku hari ini ulang tahun di Kemang, mengundang 50-an anak lah temen-temennya dia," kata Asri Welas di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Asri Welas juga mengungkapkan perkembangan anak keduanya yang diketahui menderita katarak sejak lahir. Saat ini, Ibran sudah mau berinteraksi, dan mulai menyukai lagu dan bermain piano.

"Dia udah mulai berinteraksi, udah mulai senang sama lagu jadi dia denger lagu dia langsung aplikasikan ke pianonya cepat sekali, dia punya piano kecil sekali, sedang sampai yang beneran," kata Asri Welas.

Ibu tiga anak ini juga bersyukur karena kondisi pendengaran Ibran sudah jauh lebih baik. Meski perkembangannya masih seperti anak usia lima tahun. "Pendengaran dia baik sekali so far dia ulang tahun ke 7 tahun tapi perkembangan seperti anak usia 5 tahun tapi terus dia naik," tutur Asri Welas.

Topik Menarik