BNPB: 18 Bencana Terjadi selama Periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

BNPB: 18 Bencana Terjadi selama Periode Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Terkini | inews | Rabu, 17 April 2024 - 08:15
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 18 kejadian bencana terjadi selama sepekan terakhir atau selama periode arus mudik dan balik lebaran 2024. Bencana yang terjadi yakni banjir hingga tanah longsor.

Dalam sepekan terakhir khususnya pada fase mudik dan arus balik, sebenarnya yang kita sampaikan, dalam tanda kutip, cuma 18 kali kejadian bencana, ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari secara virtual, dikutip Rabu (16/4/2024).

Menurut Aam, sapaannya, biasanya selama periode musim hujan jumlah bencana bisa mencapai 50 hingga 60 kejadian.

Ini biasanya kalau kita bandingkan dengan periode musim hujan itu kita bicaranya 50 kejadian, 60 kejadian banjir cukup sering terjadi, ujar Aam.

Bencana paling signifikan terjadi di Tana Toraja. Sebanyak 20 orang meninggal dunia akibat tertimbun longsor.

Menjadi atensi itu adalah Tana Toraja. Sebanyak 18 kali kejadian tidak ada yang signifikan sebenarnya kecuali yang di Toraja, kata Aam.

Sementara itu banjir di sejumlah daerah sudah berangsur surut. Seperti di Tanah Datar, Kepahiang, Pesawaran, Bandar Lampung hingga Grobogan.

Bandar Lampung juga tidak mengganggu arus balik ya. Kemudian di Jawa sempat Grobogan banjir lagi tapi tidak signifikan, sudah berangsur surut," ujar Aam.

Topik Menarik