Doa Halal Bihalal di Sekolah dan di Kantor 

Doa Halal Bihalal di Sekolah dan di Kantor 

Gaya Hidup | inews | Selasa, 16 April 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNews.id - Doa halal bihalal di sekolah dan kantor berikut patut untuk disimak. Momen Idul Fitri tak hanya diwarnai dengan keceriaan dan kebersamaan bersama keluarga, tetapi juga menjadi saat yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi dengan kolega di sekolah maupun kantor.

Tradisi halal bihalal menjadi wadah untuk saling bermaafkan, menjalin hubungan yang harmonis, dan memperkuat rasa persaudaraan di lingkungan kerja dan belajar. Dalam acara halal bihalal, akan dipanjatkan pula doa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Doa ini bukan hanya berisi permintaan maaf, tetapi juga ungkapan rasa syukur atas nikmat iman dan Islam, serta doa untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Adapun doa halal bihalal di sekolah dan kantor, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Selasa (16/4/2024), adalah sebagai berikut.

Doa Halal Bihalal di Sekolah

Doa Pertama

Alhamdulillahirabbilalamiin, hamdan yuwaafi wa yukaafii maziidah, yaa rabbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalaali wajhika wa adziimi sulthonik. Allahummajalnaa li alaaika adzaakiriin walinamaaikasyaakiriin wa ala qodhooika wa balaaika minashoobiriin wa minal halaali marzuuqiin waminal haraami mashumiin wa fil jinaani munaimiin wa aninniirani mubaidiin wa ila wajhika wa wajhi nabiyyika sayyidinaa wa maulaanaa muhammad shollallahu alaihi wa sallam yaa rabbi nadziriin mutanaimiin. Allahumma ilaikamarodda jamiilan wala tajalilillahumma lissyaithon alainaafii saairilhaalaat walaa indal mamaat walaa qoblahuwalaa badahu kaidan sabiilaa. Allahummajal jamaanaahadza jamaan marhuuma wajal musyaawarotanaamusyaawarotan naafiah wa tafarruqona min badihitafarruqon mashumaa bi rahmatika yaaarhamarraahimiin, walhamdulillaahirabbilaalamiin.

Pada hari ini kami berkumpul untuk memanjatkan doa semoga amal ibadah kami dalam Ramadhan Engkau terima, serta maafkan segala dosa dan kekhilafan kami, agar masa mendatang kami lebih berprestasi dalam menjalankan tugas. Ya Allah, masukan kami kedalam golongan hamba-Mu yang pandai mensyukuri nikmat. Jauhkan kami dari sifat malas, ambisi dan khianat. Bimbinglah kami agar selalu beramal dengan penuh kesadaran, mudahkan kami dalam mengatasi hambatan dan tantangan. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Tinggi, dengan silaturrahmi, semoga kesatuan dan persatuan kami semakin erat. Berkat Halal bil Halal dapatlah dosa dan kekhilafan kami Engkau beri maaf. Dengan berjabat tangan, sejahterakan hidup dan kehidupan kami. Karena saling mendoakan jauhkan kami dari fitnah dan dengki. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa, lapangkan dada kami untuk mentaati segala perintah-Mu. Tabahkan hati kami untuk menjauhi semua larangan-Mu. Teguhkan pendirian kami untuk selalu beriman dan bertaqwa kepadaMu.

Doa Kedua

.

Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samiiun qariibun mujiibud dawat yaa qadhiyal hajat.

Artinya: Ya Allah, muliakanlah agama-Mu jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami. Jadikanlah para ulamanya bersatu, yaitu para ulama yang menjadi contoh bagi umat Rasul-Mu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungi mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini dan berkahi pula bagi siapapun yang bermunajat mengiba pada-Mu.

Doa ketiga

.

Robbanaa taqabbal minnaa shalatanaa wa duaanaa innaka antas samiiul aliim. Taqabbal minnaa taubatanaa innaka antat tawwabur rahiim.

Artinya: Ya Tuhan kami terimalah sholat kami dan terimalah permohonan kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami sungguh Engkau Maha penerima taubat serta Maha Penyayang.

Doa Halal Bihalal di Kantor

Doa Pertama

Bismillahirrahmanirrohim. Alhamdulillahi Ro
bbil alamin. Allahumma sholli ala sayyidina muhammadin waala alihi wa shohbihi ajmain Segala puji bagi-Mu Ya Allah yang telah melimpahkan kepada kami kesehatan rohani dan jasmani sehingga kami dapat mensyukuri nikmat-Mu. Ya Allah Ya Tuhan kami, telah satu bulan penuh kami menjalankan ibadah puasa, lapar dan haus telah kami tahan, nafsu insaniyah dan nafsu amarah telah kamiredam demi mendapatkan rahmat dan ampunan-Mu Ya Allah, untuk mendapatkan ridha dan barokah-Mu, maka pada hari ini kami berkumpul ditempat ini untuk saling melepaskan salah dan dosa diantara kami, untuk menghilangkan rasa iri, karatan-karatan halus yang bersarang dalam hati sanubari di antara kami, sehingga bersihlah hati kami dalam melaksanakan ibadah kepada-Mu dan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari kami. Dan semoga mulai hari ini kami bisa lebih baik, lebih sabar, lebih bijak, lebih cerdas, dan lebih semangat untuk menjalankan tugas tugas dan kewajiban kami. Ya Allah Tuhan yang Maha Pengampun, ampunilah segala dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa sahabat-sahabat kami, dosa pemimpin-pemimpin kami dan dosa para pendahulu kami. Robbana atina fiddunnya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar. Subhanaka robbika robbil izati ammayasifun, wassamualalmursalin, wal hamdulillahi rabbil aalamiin.

Doa Kedua

Dalam situasi Idul Fitri tahun ini, kami semua yang hadir di tempat pada sore hari ini datang bersimpuh kehadirat kuasaMu, mengharap keagungan asmaMu, dan memohon karena kami yakin Engkaulah tumpuan segala harapan dan permohonan.

Kami hambaMu yang hina ini menyadari bahwa dalam segala aktivitas kami selama ini mungkin saja terselip beberapa kekurangan dan pelanggaran syariat agama kami, yang membuahkan noda dan dosa. Untuk itu, kami memohon ampunilah kami, ya Allah.

Ampunilah juga dosa kedua orang tua kami, guru-guru kami, dan orang-orang yang kami hormati. Lindungilah kami dari segala perbuatan keji dan marabahaya.

Doa Ketiga

. .

Sanjung kebesaran, puja dan puji keagungan, kami panjatkan kehadiratMu ya Allah, pada hari yang berbahagia ini kami dapat melaksanakan halal bihalal di (nama instansi/perusahaan/kantor), semoga berkah dan rahmat-Mu senantiasa meliputi acara ini dari awal sampai akhir.

Di dalam kehidupan ini, mungkin kami pernah berbuat melampau batas, sehingga sesama kami menaruh dendam dan amarah.

Oleh karena itu, pada hari ini yaa Allah bukakanlah pintu maaf di hati kami, sehingga tidak ada lagi dendam dalam hati kami, tiada amarah dalam dada kami.

Kami telah melaksanakan kegiatan Ramadan sebulan penuh. Kami memohon kepada-Mu yaa Allah, terimalah sholat kami, puasa kami, tarawih kami, ruku kami, sujud kami, tasbih kami, tahlil kami, kekhusuan kami, dan sempurnakanlah kekurangan kami, yaa arhamar rahimin.

Di tengah kehidupan kami saat ini, dalam pekerjaan kami, ada begitu banyak tantangan dan cobaan.

Maka berilah kami kekuatan iman, kesejukan hati dan kejernihan fikiran, kelapangan dada dan kesabaran, sehingga atas pertolongan-Mu kami dapat selalu mengatasi berbagai krisis, atas petunjuk dan kasih sayang-mu, yaa Allah.

Demikian doa halal bihalal di sekolah dan kantor. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik