Viral Pemandangan Menakjubkan Kota Pontianak Tertata Rapi, Netizen: Surga Buat Road Runner!

Viral Pemandangan Menakjubkan Kota Pontianak Tertata Rapi, Netizen: Surga Buat Road Runner!

Travel | inews | Selasa, 16 April 2024 - 17:35
share

JAKARTA, iNews.id - Belum lama ini viral di media sosial seorang netizen membagikan kondisi Kota Pontianak yang jarang terjamah. Dia menyebut, meskipun bukan kota besar Pontianak memiliki banyak keistimewaan.

Bukan kota maju, bukan kota metropolitan, and not even in the top 10 best urban planning city, but look at these pedestrian way. I think this is one of Indonesia's most proper. Bisa lah diadu sama kota-kota maju tetangga. Ladies and gentlemen, selamat datang di Pontianak, tulis akun tersebut seperti dikutip dari akun X @yvdi_x.

Dan yang pasti surga buat road runner seperti saya, katanya.

Akun tersebut menjelaskan Kantor Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), di jalan yang sama, juga merenovasi pagarnya sejak beberapa tahun lalu dengan mengedepankan konsep ruang ketiga.

Di hari-hari tertentu seperti Sabtu-Minggu, pagar ini akan dibuka dan warga yang berolahraga atau plesiran bebas memasuki pendopo yg disediakan, katanya.

Of course, seperti kota-kota lain di Indonesia, trotoar bagus gini baru ada di jalan protokol. Belum merata di wilayah lain, katanya.

Namun menurutnya hal ini menjadi awal yang baik. Dia berharap wilayah lain di Pontianak dan Kalbar juga diperhatikan pemkot dan pemprov seperti halnya Jalan Ahmad Yani ini.

Kalau dibilang panas, ya SANGAT WAJAR. This city called the Equatorial City alias Kota Khatulistiwa for a reason, katanya.

Menariknya pemerintah Pontianak tidak melupakan elemen lokal. Motif pada pedestrian itu mengambil motif Tenun Corak Insang khas Melayu Pontianak.

Pemilihan materialnya pun dipilih yang tidak licin, bahkan sehabis hujan deras sekalipun. Desain perencanaan yang sangat humanis

For those who comparing this to Jakarta's pedestrian way, Jakarta mah udah ada di Sudirman-Thamrin. Saya tau karena saya kerja merantau ke Jakarta. Bahkan kantor saya di Jalan Sudirman dan sejak Ahok dan Anies, trotoar Jakarta dibagusin banget dan proper, katanya.

Dia memaklumi kalau pusat kota memiliki kondisi pedestrian dan penaraan kota yang bersih dan rapi. Menurutnya hal ini bisa menjadi prototype dan standar untuk pengembangan pinggiran kota.

Apalagi kini pemda setempat sudah punya visi yang bagus dan kedepannya bisa diaplikasikan ke seluruh kota. Bayangkan kalau ada kota yang jalan protokolnya gak terurus, berantakan, kotor, gimana mau ngarepin area pinggiran bisa bagus. Tidak salah bikin bagus kawasan protokol. Yang penting di perencanaan ke depannya, kawasan lain direvitalisasi dengan standar yang sama seperti di kawasan protokol, katanya.

Postingan tersebut viral dan sudah dilihat lebih dari 946 ribu akun dan mendapat beragam komentar.

Enak tuh buat lari, kata @lajur***

Pemandangan apa inii ..?? kemana semua pedagang kaki lima itu pergi? Coba aja semua kota bisa gini ya, tentram liatnya juga, tutur @putra***

Bagus, kata @gres***

Topik Menarik