Dikirim ke Gaza, 11 Dokter dan Perawat MER-C Indonesia Terkejut Lihat Kematian dan Kelaparan

Dikirim ke Gaza, 11 Dokter dan Perawat MER-C Indonesia Terkejut Lihat Kematian dan Kelaparan

Terkini | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:50
share

JAKARTA, iNews.id - Lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang medis Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) mengirim 11 dokter dan perawat ke Jalur Gaza, Palestina. Mereka berhasil memasuki Gaza pekan lalu dan kini bertugas di beberapa rumah sakit di selatan.

Kehadiran para tenaga medis MER-C di Gaza itu merupakan bagian dari program yang dijalankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad mengatakan, para petugas medis Indonesia terkejut dengan skala bencana kemanusiaan di Gaza. Mereka menyaksikan penderitaan terburuk yang pernah dilihat.

Mereka tentu kaget. Mereka adalah petugas medis yang biasanya bekerja di lingkungan biasa dan tiba-tiba dihadapkan pada peristiwa yang memilukan, kata Sarbini, kepada Arab News, dikutip Jumat (29/3/2024).

Para relawan medis itu, kata Sarbini, tidak hanya melihat langsung orang-orang meninggal dan luka, tapi juga mereka yang kelaparan.

Mereka melihat banyak orang yang berjuang mendapatkan makanan, atau melihat anak-anak berebut sisa makanan untuk diberikan kepada keluarga mereka, katanya.

Hati nurani mereka teriris menyaksikan kejadian yang tidak akan bisa mereka lupakan dalam hidup mereka, ujarnya lagi, mengisahkan kembali pengalaman para relawan medis.

Dia menambahkan sektor medis di Gaza sangat kewalahan karena jumlah korban terus bertambah, sementara obat-obatan dan peralatan tak ada pasokan. Selain itu jumlah petugas medis juga tak sebanding dengan para korban.

Mereka menangani korban perang dengan luka bakar traumatis dan banyak pasien yang harus diamputasi, katanya.

Tim MER-C ini merupakan bagian dari pengerahan darurat petugas medis yang dipimpin oleh WHO. Petugas yang dikirim tak hanya dari Indonesia melainkan negara-negara anggota WHO.

Dokter yang dibutuhkan adalah spesialis bedah tulang atau ortopedi dan perawat bedah untuk membantu penanganan korban serangan Israel.

Serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober menewaskan lebih dari 32.500 orang dan melukai 74.000 lainnya. Selain itu lebih dari 1 juta orang berada dalam risiko kelaparan akibat blokade bantuan oleh Israel.

Topik Menarik