193 Juta Orang Diprediksi Mudik Tahun Ini, Menhub Waspadai 3 Titik Kepadatan

193 Juta Orang Diprediksi Mudik Tahun Ini, Menhub Waspadai 3 Titik Kepadatan

Ekonomi | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 19:28
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan sebanyak 193 juta orang akan melakukan mudik tahun ini. Dari sejumlah titik kepadatan, tiga lokasi yang diwaspadai di antaranya Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

“Setelah kita cek dengan operator telekomunikasi, ada lebih dari 193 juta orang yang siap melakukan mudik tahun ini,” ujar Budi Karya di iNews Tower, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Selain itu, terdapat beberapa lokasi yang sedang dipetakan titik kepadatan juga berada Batam, Samarinda, Sulawesi, dan Madura.

Budi Karya turut mengimbau pemudik untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Dia menyebut, pemerintah telah melakukan koordinasi untuk memantau titik kepadatan.

“Kami sudah koordinasikan dengan Kapolda. Kemarin Pak Kapoldo sudah mengusulkan semuanya untuk melakukan satu kegiatan pemantauan,” ucapnya.

Sementara itu, untuk transportasi udara, otoritas akan berfokus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Adapun, berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024. 

Dari angka tersebut sebesar 14,6 persen atau setara 28,4 juta orang di Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran tahun ini.

Prediksi pergerakan masa pada masa Lebaran tahun ini naik 45,8 persen dibandingkan periode yang sama 2023 yang berada di posisi 123 juta orang.

Data-data ini mengindikasikan kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan saat mudik dan arus balik Lebaran 2024. 

Topik Menarik