Pemerintahan Baru Palestina Dibentuk Hari Ini

Pemerintahan Baru Palestina Dibentuk Hari Ini

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 19:49
share

TEPI BARAT, iNews.id - Pemerintahan baru Palestina dilaporkan akan diumumkan Kamis (28/3/2024). Presiden Mahmoud Abbas bulan ini menunjuk perdana menteri baru, Mohammad Mustafa, menggantikan Mohammed Stayyeh yang mengundurkan diri.

Seorang sumber Pemerintah Otoritas Palestina (PA) mengatakan kepada Sputnik, pemerintahan baru kemungkinan diumumkan hari ini.

Pembentukan pemerintahan baru Palestina yang dipimpin Mohammad Mustafa rencananya akan diumumkan sore ini dan akan dilantik pekan depan, kata sumber itu.

Kantor berita Palestina Wafa melaporkan, Abbas memberikan tugas kepada Mustafa untuk memimpin penyaluran bantuan dan mengoordinasikan pembangunan kembali Jalur Gaza pasca-perang melawan Israel, serta mereformasi institusi Pemerintah Otoritas Palestina (PA).

Penunjukan Mustafa juga terjadi di tengah meningkatnya tekanan untuk mereformasi pemerintahan Otoritas Palestina (PA) serta meningkatkan tata kelola di wilayah-wilayah Tepi Barat yang diduduki Israel.

PA, didominasi politisi dari faksi Fatah, memegang kendali pemerintahan di Tepi Barat namun tak berkuasa di Gaza. Hamas memenangkan pemilihan legislatif pada 2006 dan merebut kendali atas wilayah Gaza.

Membangun kembali Gaza serta mengompromikan pemerintahan di wilayah itu akan menjadi tugas berat bagi Mustafa. Amerika Serikat (AS) dan negara sekutu tak menghendaki Hamas kembali berkuasa di Gaza. Sebaliknya, para penguasa Palestina yakin bahwa Hamas tak bisa disingkirkan dari kancah politik Palestina.

Topik Menarik