Alasan Ukraina Abstain soal Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Alasan Ukraina Abstain soal Upaya Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Global | sindonews | Senin, 13 Mei 2024 - 12:56
share

Dalam mayoritas suara, Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi untuk memberikan hak dan keistimewaan baru kepada Negara Palestina.

Resolusi itu juga mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan kembali pengakuan Palestina sebagai anggota penuh ke-194 PBB.

Sebanyak 143 negara mendukung resolusi tersebut, sembilan negara lainnya menentang, dan 25 negara tersisa memilih abstain.

Ukraina termasuk di antara 25 negara yang memilih abstain.

5 Alasan Ukraina Abstain soal Upaya Palestina Jadi Anggota PBB

Pemerintah Ukraina tidak memberikan penjelasan terkait pilihan abstain dalam voting resolusi PBB. Negara yang sedang perang melawan Rusia tersebut selama ini mendukung Israel dengan berharap mendapatkan dukungan senjata.

1. Keseimbangan Diplomasi

Ukraina mungkin ingin menjaga keseimbangan dalam diplomasi regional dan hubungan internasionalnya.

Dengan abstain, mereka dapat menghindari konfrontasi langsung dengan pihak-pihak yang berpotensi sensitif terhadap masalah tersebut, sambil tetap tidak sepenuhnya mendukung resolusi tersebut.

2. Hubungan dengan Pihak Terkait

Ukraina mungkin memiliki hubungan khusus dengan Israel atau negara-negara lain yang menentang langkah Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB.

Contoh, Ukraina bergantung pada bantuan senjata Amerika Serikat (sekutu utama Israel).

Dengan abstain, Ukraina dapat menghindari mengganggu hubungan tersebut.

3. Kebijakan Luar Negeri yang Kompleks

Kebijakan luar negeri suatu negara sering kali didasarkan pada pertimbangan yang kompleks, termasuk kepentingan keamanan nasional, ekonomi, dan politik.

Ukraina mungkin memiliki pertimbangan khusus yang memengaruhi keputusannya dalam hal ini.

4. Tekanan Internal

Ada kemungkinan bahwa ada tekanan dari dalam negeri, seperti opini publik atau kelompok politik, yang memengaruhi keputusan Ukraina untuk abstain dalam voting tersebut.

5. Upaya Diplomasi Alternatif

Ukraina mungkin percaya bahwa ada cara lain untuk mengatasi masalah Palestina-Israel, seperti melalui dialog atau negosiasi langsung, daripada melalui langkah unilateral dalam forum PBB.

Topik Menarik