Bagaimana Hubungan Iran Israel sebelum Perang?

Bagaimana Hubungan Iran Israel sebelum Perang?

Global | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 21:21
share

Irantelah muncul sebagai salah satu negara yang paling vokal menentang pemboman brutal Israel di Gaza. Dan hal ini sejalan dengan kebijakan luar negerinya yang anti-Israel. Kedua negara Timur Tengah ini kerap digambarkan sebagai musuh bebuyutan.

Masalah Palestina telah menjadi pusat konflik selama beberapa dekade, dan Teheran telah memperingatkan Israel dan sekutu terdekatnya, Amerika Serikat, bahwa perang dengan Hamas dapat menyebar ketika Tel Aviv meningkatkan serangan di luar Gaza. Israel telah mengebom posisi-posisi di Lebanon dan Suriah, dua negara di mana Teheran mempunyai pengaruh besar.

Bagaimana Hubungan Iran Israel sebelum Perang?

1. Awalnya Iran dan Israel Menjadi Aliansi yang Sangat Kuat

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, di bawah Dinasti Pahlavi, yang memerintah dari tahun 1925 hingga digulingkan pada revolusi tahun 1979, hubungan antara Iran dan Israel sama sekali tidak bermusuhan. Faktanya, Iran adalah negara mayoritas Muslim kedua yang mengakui Israel setelah negara itu didirikan pada tahun 1948.

Iran adalah salah satu dari 11 anggota komite khusus PBB yang dibentuk pada tahun 1947 untuk merancang solusi bagi Palestina setelah kendali Inggris atas wilayah tersebut berakhir. Mereka adalah salah satu dari tiga orang yang memberikan suara menentang rencana pembagian Palestina oleh PBB, yang berpusat pada kekhawatiran bahwa hal itu akan meningkatkan kekerasan di wilayah tersebut untuk generasi mendatang.

“Iran, bersama India dan Yugoslavia, mengajukan rencana alternatif, solusi federatif yaitu mempertahankan Palestina sebagai satu negara dengan satu parlemen tetapi dibagi menjadi wilayah Arab dan Yahudi,” kata sejarawan Universitas Oxford Eirik Kvindesland kepada Al Jazeera.

“Itu adalah kompromi Iran untuk mencoba menjaga hubungan positif dengan negara-negara Barat yang pro-Zionis dan gerakan Zionis itu sendiri, dan juga dengan negara-negara tetangga Arab dan Muslim.”

Namun dua tahun setelah Israel berhasil merebut lebih banyak wilayah daripada yang disetujui PBB setelah dimulainya Perang Arab-Israel pertama pada tahun 1948, Iran – yang saat itu berada di bawah kepemimpinan Mohammad Reza Pahlavi, raja atau Syah kedua Pahlavi – menjadi negara mayoritas Muslim kedua. setelah Turki secara resmi mengakui Israel. Menjelang berdirinya Israel pada tahun 1948, lebih dari 700.000 warga Palestina diusir dari rumah mereka secara etnis oleh milisi Zionis. Warga Palestina menyebut pemindahan paksa dan perampasan harta milik mereka sebagai Nakba, bahasa Arab yang berarti bencana.

Kvindesland mengatakan langkah Teheran terutama untuk mengelola aset Iran di Palestina karena sekitar 2.000 warga Iran tinggal di sana dan properti mereka disita oleh tentara Israel selama perang.

Namun hal ini juga terjadi dalam konteks apa yang disebut “doktrin pinggiran” Israel.

“Untuk mengakhiri isolasi di Timur Tengah, Perdana Menteri Israel David Ben-Gurion menjalin hubungan dengan negara-negara non-Arab di ‘pinggiran’ Timur Tengah, yang kemudian dikenal sebagai doktrin pinggiran. Pendekatan ini juga mencakup Ethiopia, namun sejauh ini Iran dan Turki merupakan pendekatan yang paling berhasil,” kata Kvindesland.

Segalanya berubah setelah Mohammad Mosaddegh menjadi perdana menteri Iran pada tahun 1951 ketika ia mempelopori nasionalisasi industri minyak negara tersebut, yang dimonopoli oleh Inggris. Mosaddegh memutuskan hubungan dengan Israel, yang menurutnya melayani kepentingan Barat di wilayah tersebut.

Menurut Kvindesland, upaya Mosaddegh dan organisasi politik Front Nasionalnya untuk menasionalisasi minyak, mengusir kekuasaan kolonial Inggris, dan melemahkan monarki adalah cerita utama Iran saat itu. Hubungannya dengan Israel merupakan “kerusakan tambahan”, katanya.

“Ada mobilisasi anti-Zionis di Iran. Ada [ulama Syiah yang berpengaruh] Navvab Safavi, salah satu tokoh paling terkenal yang melakukan propaganda keras menentang Zionisme dan pendirian Israel. Namun bagi Mosaddegh, tujuan utamanya adalah mendapatkan dukungan dari negara-negara Arab di sekitarnya untuk memerangi kendali Inggris atas industri minyak,” kata Kvindesland kepada Al Jazeera.

Zionisme muncul sebagai ideologi politik pada akhir abad ke-19 yang menyerukan pembentukan tanah air untuk orang Yahudi yang menghadapi kekejaman di Eropa.

Segalanya berubah secara dramatis ketika pemerintahan Mosaddegh digulingkan dalam kudeta yang diorganisir oleh badan intelijen Inggris dan Amerika Serikat pada tahun 1953. Kudeta tersebut mengangkat kembali Syah yang menjadi sekutu setia Barat di wilayah tersebut.

Israel mendirikan kedutaan de facto di Teheran, dan akhirnya keduanya bertukar duta besar pada tahun 1970an. Hubungan perdagangan tumbuh, dan Iran segera menjadi penyedia minyak utama bagi Israel, dengan keduanya membangun jaringan pipa yang bertujuan mengirim minyak Iran ke Israel dan kemudian Eropa.

Teheran dan Tel Aviv juga memiliki kerja sama militer dan keamanan yang luas, namun sebagian besar dirahasiakan untuk menghindari provokasi negara-negara Arab di kawasan.

“Israel membutuhkan Iran lebih dari Iran membutuhkan Israel. Israel selalu menjadi pihak yang proaktif, namun Syah juga menginginkan cara untuk meningkatkan hubungan [Iran] dengan AS, dan pada saat itu Israel dipandang sebagai cara yang baik untuk mencapai tujuan tersebut,” kata Kvindesland.

“Ada juga prospek untuk membangun aparat keamanan, dan SAVAK [dinas keamanan dan intelijen Iran] sebagian dilatih oleh Mossad. Ini adalah hal-hal yang bisa diperoleh Iran dari negara lain, namun Israel ingin menyediakannya karena mereka membutuhkan mitra di Timur Tengah yang cukup anti-Zionis dan anti-Israel.”

Sejarawan tersebut mengatakan bahwa Shah terutama didorong oleh kebutuhan akan aliansi, keamanan dan perdagangan, dan “tidak menunjukkan kepedulian terhadap Palestina dalam hubungannya dengan Israel.”

Baca Juga: Perang Gaza Sudah Berlangsung 7 Bulan, Mengapa Kepala Intelijen Militer Israel Baru Mundur Sekarang?

2. Babak Permusuhan Iran dan Israel

Foto/AP

Pada tahun 1979, Syah digulingkan dalam sebuah revolusi, dan Republik Islam Iran yang baru lahir.

Melansir Al Jazeera, Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin revolusi, membawa pandangan dunia baru yang sebagian besar memperjuangkan Islam dan mendukung kekuatan dunia yang “sombong” dan sekutu regional mereka, yang akan menindas negara lain – termasuk Palestina – demi kepentingan mereka sendiri.

Ini berarti bahwa Israel di Iran dikenal sebagai “Setan Kecil” hingga “Setan Besar” yaitu Amerika Serikat.

Teheran memutuskan semua hubungan dengan Israel; warga tidak bisa lagi melakukan perjalanan dan rute penerbangan dibatalkan; dan kedutaan Israel di Teheran diubah menjadi kedutaan Palestina.

Khomeini juga menyatakan setiap Jumat terakhir bulan suci Ramadhan sebagai Hari Quds, dan sejak itu demonstrasi besar-besaran diadakan pada hari itu untuk mendukung warga Palestina di seluruh Iran. Yerusalem dikenal sebagai al-Quds dalam bahasa Arab.

Trita Parsi, wakil presiden eksekutif Quincy Institute for Responsible Statecraft, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Khomeini menentang pembingkaian masalah Palestina sebagai tujuan nasionalis Arab dan berusaha mengubahnya menjadi tujuan Islam untuk memberikan Iran tidak hanya kemampuan untuk memperjuangkan perjuangan Palestina tetapi memimpinnya.

“Untuk mengatasi perpecahan Arab-Persia dan perpecahan Sunni-Syiah, Iran mengambil posisi yang jauh lebih agresif dalam masalah Palestina untuk menunjukkan kredibilitas kepemimpinannya di dunia Islam dan menempatkan rezim Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat dalam posisi defensif. " dia berkata.

Permusuhan ini tumbuh selama beberapa dekade ketika kedua belah pihak berusaha untuk memperkuat dan mengembangkan kekuatan dan pengaruh mereka di wilayah tersebut.

Kini, Iran mendukung jaringan “poros perlawanan” yang terdiri dari kelompok-kelompok politik dan bersenjata di beberapa negara di kawasan ini, termasuk di Lebanon, Suriah, Irak, dan Yaman, yang juga mendukung perjuangan Palestina dan memandang Israel sebagai musuh besar.

Selama bertahun-tahun, Israel telah mendukung berbagai kelompok yang menentang keras pendirian Iran. Teheran mengatakan ini termasuk sejumlah kelompok yang mereka tunjuk sebagai organisasi “teroris”. Diantaranya adalah Mojahedin-e Khalq (MEK), sebuah organisasi yang berbasis di Eropa, organisasi Sunni di provinsi Sistan dan Baluchistan di tenggara Iran, dan kelompok bersenjata Kurdi yang berbasis di Kurdistan Irak.

3. Permusuhan dengan Mengandalkan Perang Bayangan

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, ketegangan antara Iran dan Israel tidak hanya terbatas pada ideologi atau kelompok proksi.

Keduanya diduga berada di balik serangkaian serangan panjang terhadap kepentingan satu sama lain di dalam dan di luar wilayah mereka, namun mereka secara terbuka menyangkalnya. Hal ini dikenal sebagai “perang bayangan” yang semakin meluas seiring meningkatnya permusuhan.

Program nuklir Iran telah menjadi pusat dari beberapa serangan terbesar. Israel – yang dianggap memiliki puluhan senjata nuklir secara sembunyi-sembunyi – telah berjanji tidak akan pernah membiarkan Iran mengembangkan bom nuklir. Teheran telah menegaskan kembali bahwa program nuklirnya adalah untuk tujuan sipil.

Israel dan AS diyakini berada di balik malware Stuxnet yang menimbulkan kerusakan besar pada fasilitas nuklir Iran pada tahun 2000an.

Selama bertahun-tahun, ada banyak serangan sabotase terhadap fasilitas nuklir dan militer Iran yang membuat Teheran menyalahkan Israel. Iran juga secara teratur mempublikasikan berita tentang upaya menggagalkan lebih banyak serangan sabotase.

Serangan tersebut juga menargetkan personel, termasuk sejumlah ilmuwan nuklir terkemuka.

Pembunuhan paling berani terjadi pada tahun 2020 ketika ilmuwan nuklir terkemuka Mohsen Fakhrizadeh ditembak mati menggunakan senapan mesin yang dikendalikan oleh AI dan dipantau oleh satelit, dipasang di bagian belakang truk pickup yang kemudian meledak untuk menghancurkan barang bukti.

Di sisi lain, Israel dan sekutu Baratnya menuduh Iran berada di balik serangkaian serangan terhadap kepentingan Israel, termasuk beberapa serangan drone terhadap kapal tanker minyak milik Israel dan serangan siber.

4. Iran Terisolasi Ketika Adanya Normalisasi Hubungan Negara Arab dan Israel

Foto/AP

Beberapa negara Arab di kawasan ini telah memilih untuk menormalisasi hubungan mereka dengan Israel karena mereka mencari lebih banyak dukungan dari Barat.

Sementara itu, Arab Saudi, negara besar lainnya di kawasan ini, tahun ini memulihkan hubungan diplomatik dengan Iran setelah keretakan selama tujuh tahun menyusul perjanjian yang ditengahi oleh Tiongkok pada bulan Maret.

AS telah berusaha menengahi kesepakatan serupa antara Arab Saudi dan Israel. Prospek normalisasi antara Tel Aviv dan Riyadh telah tertunda, setidaknya untuk saat ini, karena Israel terus mengebom Gaza, yang telah menyebabkan mimpi buruk kemanusiaan dan menewaskan hampir 10.000 orang, sepertiga dari mereka adalah anak-anak.

Namun bagi Iran saat ini, pemulihan hubungan dengan Israel adalah hal yang mustahil.

Parsi mengatakan pentingnya keamanan bersama yang pada dekade-dekade sebelumnya telah menyebabkan keduanya menjadi sekutu, termasuk ancaman dari negara-negara nasionalis Arab dan kekaisaran Soviet, lenyap pada awal tahun 1990-an.

Teheran menentang hegemoni AS di Timur Tengah sementara Israel secara konsisten menolak segala upaya Washington untuk memulangkan pasukan Amerika dari wilayah tersebut. Kelompok-kelompok yang terkait dengan Iran secara teratur menyerang pangkalan-pangkalan AS di Irak dan Suriah.

Ini adalah “persaingan untuk mendapatkan dominasi dan kekuasaan di kawasan ini, kedua negara telah terlibat dalam perang tingkat rendah selama lebih dari satu dekade,” kata Parsi.

Topik Menarik