Pria Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 114 Tahun

Pria Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 114 Tahun

Global | sindonews | Kamis, 4 April 2024 - 17:26
share

Pria tertua di dunia, Juan Vicente Perez Mora, meninggal pada usia 114 tahun pada hari Selasa (2/4/2024) di Venezuela, menurut pejabat setempat.

Petani ini menjadi pria tertua yang masih hidup pada tahun 2020, dan secara resmi diakui Guinness World Records pada tahun 2022, ketika dia berusia 112 tahun.

Perez meninggal hanya dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke 115 di negara bagian Tachira, Venezuela, menurut Gubernur Freddy Bernal.

Juan Vicente Perez Mora kami yang terkasih, hari ini dengan kesedihan dan rasa sakit yang mendalam kami mengucapkan selamat tinggal kepada Anda, kepada seorang pria dari Tachira, yang rendah hati, pekerja keras, damai, antusias terhadap keluarga dan tradisi, tulis Bernal di X.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengomentari kematiannya dengan mengatakan, Juan Vicente Perez Mora telah melampaui keabadian pada usia 114 tahun.

Perez lahir di kota El Cobre, di negara bagian Tachira di Andean pada tanggal 27 Mei 1909 dan merupakan anak kesembilan dari sepuluh bersaudara.

Petani tersebut, yang dikenal sebagai Tio Vicente, mulai bekerja pada usia lima tahun bersama ayah dan saudara laki-lakinya, membantu panen tebu dan kopi, menurut pernyataan Guinness World Records pada tahun 2022.

Saat masih bekerja di bidang pertanian, Perez kemudian menjadi sheriff di Caricuena pada tahun 1948 dan bertanggung jawab menyelesaikan sengketa tanah dan keluarga selama sepuluh tahun, menurut Guinness.

Ayah dari 11 orang anak, pada tahun 2022 ini dia mempunyai 42 orang cucu, 18 orang cicit, dan 12 orang cucu cicit.

Rahasia umur panjangnya, menurut Guinness World Records, adalah bekerja keras, istirahat di hari libur, tidur lebih awal, minum segelas aguardiente setiap hari, mencintai Tuhan, dan selalu membawanya dalam hatimu.

Saat ini orang tertua yang masih hidup di dunia adalah Maria Branyas Morera, yang merayakan ulang tahunnya yang ke 117 di Catalonia, Spanyol, bulan lalu.

Orang tertua yang pernah ada adalah wanita Prancis Jeanne Calment, yang hidup sampai usia 122 tahun dan meninggal pada tahun 1997, menurut Guinness.

Topik Menarik