Inggris Dituding Terlibat Pembunuhan Israel terhadap Pekerja Bantuan Inggris di Gaza

Inggris Dituding Terlibat Pembunuhan Israel terhadap Pekerja Bantuan Inggris di Gaza

Global | sindonews | Kamis, 4 April 2024 - 18:50
share

Pemerintah dan industri senjata Inggris sama-sama terlibat dalam pembunuhan tujuh pekerja bantuan di Gaza oleh Israel, termasuk tiga warga negara Inggris, menurut tuduhan Kampanye Melawan Perdagangan Senjata (CAAT).

Para pekerja tersebut tewas akibat serangan drone Hermes 450 yang diproduksi perusahaan milik Israel, Elbit Systems.

Drone ini ditenagai mesin Wankel R902(W) buatan Inggris, yang diproduksi anak perusahaan Elbit, UAV Engines Limited di Inggris.

Pemerintah ini terlibat dalam pembunuhan pekerja bantuan Inggris di Gaza, tegas juru bicara CAAT Emily Apple.

Dia menegaskan, Mereka mempunyai setiap kesempatan untuk menerapkan embargo senjata dan menolak melakukannya.

Apple menambahkan, meskipun CAAT turut berduka cita bagi keluarga dan teman para pekerja bantuan yang terbunuh, mereka juga bersama keluarga dan teman dari puluhan ribu warga Palestina yang telah dibunuh Israel.

Tuduhan CAAT menyusul terungkapnya Kantor Luar Negeri Persemakmuran dan Pembangunan (FCDO) di London menyembunyikan nasihat hukum bahwa Israel melanggar Hukum Humaniter Internasional (IHL), menurut ketua Komite Urusan Luar Negeri Alicia Kearns.

Berita tentang nasihat hukum yang dilanggar itu terungkap di Observer dari rekaman pidato yang dibuat Kearns di acara penggalangan dana.

Pemerintah kita tidak hanya terlibat dalam genosida, namun mereka juga mengetahui hal tersebut, ujar Apple.

Dia menjelaskan, Berkali-kali Menteri Luar Negeri David Cameron dan para menteri FCDO menolak menjawab pertanyaan langsung mengenai nasihat hukum yang mereka terima. Mereka telah menyesatkan parlemen dan mengolok-olok demokrasi dan hukum internasional kita.

Menurut kriteria perizinan ekspor senjatanya sendiri, pemerintah Inggris harus menghentikan penjualan senjata ketika terdapat risiko yang jelas bahwa senjata tersebut dapat digunakan dalam pelanggaran IHL.

Pada 19 Februari, Jaringan Aksi Hukum Global (GLAN) dan LSM hak-hak hukum Palestina Al-Haq tidak diberi izin membawa pemerintah ke pengadilan atas penjualan senjatanya. Penolakan yang keterlaluan tersebut didasari dengan alasan pemerintah sedang melakukan proses rolling review.

Kini mereka telah diberikan kesempatan untuk melakukan sidang lisan untuk kembali berdebat agar kasus tersebut dapat dilanjutkan.

Sejak tahun 2015, Inggris telah melisensikan senjata senilai 487 juta poundsterling (USD617 juta) kepada Israel. Namun, jumlah ini tidak termasuk peralatan yang diekspor melalui lisensi terbuka.

Secara khusus, 15 dari nilai setiap pesawat tempur F-35 buatan AS, yang digunakan Israel untuk mengebom Gaza, dibuat di Inggris, yang ekspornya dilindungi lisensi terbuka tanpa batasan kuantitas atau nilai ekspor.

CAAT memperkirakan secara konservatif bahwa pengerjaan 36 unit F-35 yang diekspor ke Israel hingga tahun 2023 telah bernilai setidaknya 368 juta poundsterling (USD466 juta) untuk industri senjata Inggris.

Kampanye Menentang Perdagangan Senjata dan Solidaritas Palestina Cornwall mengadakan aksi darurat sekaligus protes di Falmouth, Cornwall pada Rabu malam. Salah satu orang yang tewas dalam serangan itu, James Henderson, berasal dari Falmouth.

Kami sangat terpukul mendengar bahwa James Henderson yang dikenal sebagai Jimmy oleh teman-temannya adalah salah satu pekerja bantuan yang terbunuh oleh serangan yang ditargetkan dari Israel, dan rasa duka serta belasungkawa kami yang terdalam ditujukan kepada keluarga dan teman-temannya, ungkap juru bicara Solidaritas Palestina Cornwall, yang membenarkan kelompok kampanye tidak berbicara atas nama mereka.

Kami berkumpul untuk memberikan penghormatan dan menunjukkan solidaritas kami kepada James, dan kepada semua orang Palestina yang menjadi martir, seperti yang telah kami lakukan selama berminggu-minggu sejak genosida ini meningkat pada bulan Oktober, papar dia.

Solidaritas Palestina Cornwall menunjukkan betapa memalukan bahwa hampir 200 pekerja bantuan kemanusiaan telah dibunuh oleh Israel selama enam bulan terakhir.

Menurut mereka, hal ini akan menimbulkan efek jera terhadap sektor bantuan yang sudah sangat terbatas namun penting dan akan berdampak buruk pada sektor bantuan kemanusiaan menjangkau warga Palestina yang kelaparan di Gaza.

Ini adalah upaya yang disengaja untuk memastikan kejahatan perang berupa kelaparan yang direkayasa Israel tidak dapat dihentikan oleh bantuan asing.

James adalah salah satu dari lebih dari 37.000+ orang yang dibunuh sejak awal Oktober, masing-masing adalah individu yang memiliki kehidupan, cerita, dan keluarga, dan para politisi kita tidak dapat lagi berpaling. Pembunuhan James, seperti halnya 37.000 warga Palestina yang terbunuh, termasuk 14.000 anak-anak, bisa saja dicegah oleh pemerintah kita, dan negara lain di seluruh dunia, dengan menghentikan perjanjian senjata dengan Israel dan menolak mendukung genosida. Mereka bersalah. Darah ini ada di tangan mereka, papar Solidaritas Palestina Cornwall.

Menurut CAAT, jelas bahwa pemerintah Inggris hanya melakukan penghinaan terhadap rakyat Palestina.

Meskipun Israel sengaja menyebabkan kelaparan, yang menyebabkan lebih dari satu juta orang menderita kelaparan, dan meskipun telah membunuh puluhan ribu orang, pemerintah ini memilih memprioritaskan keuntungan para pedagang senjata dibandingkan nyawa warga Palestina, ungkap juru bicara Apple.

Setiap hari orang mengambil tindakan terhadap perusahaan senjata yang mengambil keuntungan dari genosida yang dilakukan Israel. Ini harus dilanjutkan. Setiap perusahaan yang memasok senjata atau militer harus diminta pertanggungjawaban. Pemerintah kita telah mengecewakan kita, dan telah mengecewakan rakyat Palestina, dan telah mengecewakan warga negaranya sendiri. Terserah kita untuk mengambil tindakan, pungkas dia.

Topik Menarik