AS Siapkan Paket Senjata Rp16 Triliun untuk Ukraina Lawan Rusia, Sistem Roket hingga Amunisi Artileri

AS Siapkan Paket Senjata Rp16 Triliun untuk Ukraina Lawan Rusia, Sistem Roket hingga Amunisi Artileri

Berita Utama | okezone | Rabu, 24 April 2024 - 17:33
share

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan paket bantuan militer senilai USD1 miliar (Rp16 triliun) untuk Ukraina, yang pertama bersumber dari rancangan undang-undang Ukraina-Israel yang belum ditandatangani. Hal ini diungkapkan dua pejabat AS kepada Reuters pada Selasa (23/4/2024).

Paket bantuan tersebut meliputi kendaraan, amunisi pertahanan udara Stinger, amunisi tambahan untuk sistem roket artileri mobilitas tinggi, amunisi artileri 155 milimeter, amunisi anti-tank TOW dan Javelin serta senjata lainnya yang dapat segera digunakan di medan perang.

Sebelumnya Presiden Joe Biden telah meminta Kongres AS untuk memberikan bantuan sebesar USD60,8 miliar kepada Ukraina, namun inisiatif tersebut terhenti ketika Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS menolak untuk memajukan tindakan tersebut selama berbulan-bulan.

Pada Selasa (23/4/2024), Senat diperkirakan akan melakukan pemungutan suara terhadap empat rancangan undang-undang yang kini disahkan oleh DPR. Yang pertama untuk Ukraina, yang kedua untuk Israel sebesar USD26 miliar. Lalu dana sebesar USD8,12 miliar untuk “melawan komunis Tiongkok” di Indo-Pasifik, dan yang keempat mencakup potensi larangan terhadap aplikasi media sosial TikTok.

RUU Ukraina juga menyerukan pengalihan ATACMS (Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat) dengan jangkauan hingga 190 mil, yang Kyiv telah berjanji untuk tidak menggunakannya di dalam wilayah Rusia.

Rusia telah meningkatkan pemboman jangka panjang terhadap infrastruktur energi Ukraina dan kota-kotanya dalam beberapa pekan terakhir, meningkatkan tekanan terhadap Kyiv ketika pasukan Moskow yang lebih banyak dan lebih lengkap perlahan-lahan bergerak maju di medan perang di timur.

Topik Menarik