Ancaman Tsunami Berlalu setelah Gempa Besar 7,7 SR Guncang Taiwan

Ancaman Tsunami Berlalu setelah Gempa Besar 7,7 SR Guncang Taiwan

Global | sindonews | Rabu, 3 April 2024 - 10:17
share

Ancaman tsunami akibat gempa kuat yang melanda Taiwan sebagian besar telah berlalu.Badan Meteorologi Jepang menurunkan perkiraannya dari 3 meter (9,8 kaki) menjadi 1 meter (3,3 kaki).

Satu pulau mempunyai gelombang sekitar 30 sentimeter (satu kaki), sementara gelombang yang lebih kecil terdeteksi di pulau-pulau lain.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan belum ada laporan korban cedera atau kerusakan di Jepang.

Dia mendesak penduduk di wilayah Okinawa untuk tetap berada di tempat yang aman sampai semua peringatan tsunami dicabut.

China tidak mengeluarkan peringatan terhadap daratan Tiongkok, dan tidak ada ancaman terhadap Hawaii dan Guam.

Lebih dari dua jam setelah gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) melanda Taiwan, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan sebagian besar ancaman tsunami telah berlalu.

Gempa tersebut merusak bangunan di Taiwan namun informasi mengenai korban jiwa belum tersedia.

Satu bangunan berlantai lima di Hualien yang berpenduduk sedikit, tampak rusak berat, lantai pertama runtuh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat.

Baca juga: Jepang, Taiwan, Filipina Diguncang Gempa Besar 7,7 SR, Ada Peringatan Tsunami

Di ibu kota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua dan di beberapa kompleks perkantoran baru.

Sekolah mengevakuasi siswanya ke lapangan olahraga, melengkapi mereka dengan penutup kepala pelindung berwarna kuning.

Banyak anak kecil juga yang memakai helm sepeda motor untuk menghindari benda jatuh di tengah gempa susulan yang terus terjadi.

Layanan kereta api dihentikan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang, begitu pula layanan kereta bawah tanah di Taipei, di mana jalur atas tanah yang baru dibangun sebagian terpisah.

Badan legislatif nasional, sekolah yang diubah fungsinya dan dibangun sebelum Perang Dunia II, juga mengalami kerusakan pada dinding dan langit-langit.

Meskipun gempa terjadi pada jam sibuk pagi hari, hanya ada sedikit kepanikan di pulau yang sering diguncang gempa dan mengadakan latihan di sekolah-sekolah dan mengeluarkan pemberitahuan melalui media publik dan telepon seluler.

Sekolah dan kantor pemerintah diberi pilihan untuk membatalkan pekerjaan dan kelas.

Masih belum ada kabar mengenai korban jiwa di Hualien, tempat gempa mematikan pada tahun 2018 yang merobohkan satu hotel bersejarah dan bangunan lainnya.

Gempa terburuk di Taiwan dalam beberapa tahun terakhir terjadi pada 21 September 1999 dengan kekuatan 7,7 skala Richter, menyebabkan 2.400 kematian, melukai sekitar 100.000 orang, dan menghancurkan ribuan bangunan.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gelombang tsunami setinggi 30 sentimeter (sekitar 1 kaki) terdeteksi di pantai pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi.

Gelombang yang lebih kecil diukur di pulau Ishigaki dan Miyako. Pasukan Bela Diri Jepang mengirimkan pesawat untuk mengumpulkan informasi tentang dampak tsunami di sekitar wilayah Okinawa dan menyiapkan tempat berlindung bagi pengungsi jika diperlukan.

Badan pemantau gempa Taiwan menyebutkan kekuatan gempa berkekuatan 7,2 skala Richter, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan gempa berkekuatan 7,4 skala Richter. Kemudian muncul laporan kekuatan gempa 7,7 SR.

Gempa terjadi pada pukul 7:58 pagi sekitar 18 kilometer selatan-barat daya Hualien dan kedalamannya sekitar 35 kilometer (21 mil).

Kepala biro pemantauan gempa Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan dampaknya terdeteksi hingga Kinmen, pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai China.

Beberapa gempa susulan terasa di Taipei satu jam setelah gempa awal. USGS mengatakan salah satu gempa berikutnya berkekuatan 6,5 skala richter dan kedalaman 11,8 kilometer (7 mil).

China tidak mengeluarkan peringatan tsunami untuk daratan Tiongkok. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami di Hawaii atau Guam di wilayah Pasifik AS.

Gempa tersebut diyakini merupakan yang terbesar di Taiwan sejak gempa pada tahun 1999 yang menyebabkan kerusakan parah.

Taiwan terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, garis patahan seismik yang mengelilingi Samudera Pasifik tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.

Topik Menarik