Murka Hadapi Israel, Mesir Kerahkan Konvoi Militer ke Perbatasan Gaza

Murka Hadapi Israel, Mesir Kerahkan Konvoi Militer ke Perbatasan Gaza

Berita Utama | sindonews | Jum'at, 17 Mei 2024 - 15:10
share

Mesir mengerahkan tentara tambahan dan kendaraan pengangkut personel lapis baja ke perbatasannya dengan Gaza di timur laut Sinai pekan ini.

Kabar itu diungkap kelompok hak asasi manusia Mesir, sebagai tanda semakin memburuknya hubungan antara Kairo dan rezim kolonial Israel.

Lima belas pengangkut personel lapis baja yang dilengkapi dengan peralatan tempur terlihat oleh penduduk Sheikh Zuweid di Sinai yang sedang melakukan perjalanan menuju perbatasan Mesir dengan Gaza pada Rabu malam (15/5/2024), ungkap Yayasan Hak Asasi Manusia Sinai.

Secara terpisah, konvoi kendaraan lapis baja lainnya tiba di desa Al-Joura, selatan Sheikh Zuweid, menurut yayasan tersebut.

Pengerahan tersebut terjadi di tengah keretakan yang semakin mendalam antara Mesir dan Israel terkait serangan Israel di Rafah, kota perbatasan selatan Gaza.

Pekan lalu, Israel merebut perbatasan Rafah dan melancarkan operasi militer di kota tempat sekitar 1,5 juta pengungsi Palestina berlindung.

Serangan itu membuat marah Mesir, yang memiliki perjanjian damai selama 45 tahun dengan Israel dan bekerja sama erat dalam masalah keamanan.

Sumber militer Mesir mengatakan kepada Middle East Eye pekan lalu bahwa "tidak ada koordinasi operasi" antara Mesir dan Israel sebelum penyeberangan Rafah itu diserang.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza terhenti akibat penyitaan penyeberangan Rafah oleh Israel, dan Mesir telah menolak permintaan Israel untuk membuka kembali penyeberangan tersebut.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengatakan, Israel ingin menggunakan kendali atas Rafah untuk memperketat pengepungan daerah kantong.

Pertikaian diplomatik antara Mesir dan Israel semakin dalam selama berhari-hari.

The Wall Street Journal pada Selasa mengutip para pejabat Mesir yang mengatakan Kairo sedang mempertimbangkan penurunan hubungan bilateral dengan Israel, termasuk menarik duta besar mereka.

Mesir mengumumkan akan bergabung dengan Afrika Selatan dalam kasusnya melawan Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) yang menuduh Israel melakukan genosida.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry menuduh Israel memblokir bantuan ke Gaza.

Namun para diplomat dan analis telah mengamati apakah pertikaian verbal tersebut meluas ke hubungan keamanan dan pertahanan yang rumit yang dikelola para perwira militer dan intelijen Mesir.

Pengerahan pasukan tambahan ke Sinai akan menandai peningkatan serius pertikaian tersebut, ungkap seorang mantan diplomat senior Barat kepada MEE.

Pergerakan pasukan terjadi saat Presiden Sisi mempertimbangkan perselisihan tersebut untuk pertama kalinya.

Pada hari Kamis, di KTT Liga Arab di Bahrain, dia mengatakan Israel menghindari gencatan senjata di Gaza.

Kami menemukan Israel terus melarikan diri dari tanggung jawabnya dan menghindari upaya yang dilakukan untuk mencapai gencatan senjata, tegas dia.

Mereka yang berpikir bahwa solusi keamanan dan militer mampu mengamankan kepentingan atau mencapai keamanan adalah orang yang mengalami delusi, ujar Sisi.

Mesir, bersama dengan Qatar, juga menjadi salah satu mediator utama dalam perundingan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Topik Menarik