Penembakan Rasis di Supermarket New York, Pelaku Datang 3 Kali dan Rencanakan Serangan Berbulan-bulan

Penembakan Rasis di Supermarket New York, Pelaku Datang 3 Kali dan Rencanakan Serangan Berbulan-bulan

Global | okezone | Rabu, 18 Mei 2022 - 16:20
share

BUFFALO - Remaja kulit putih yang dituduh membunuh 10 orang kulit hitam di sebuah supermarket di New York merencanakan penembakan selama berbulan-bulan dan memeriksa lokasi sebelum melakukan aksinya.

Menurut postingan yang diyakini telah dibuatnya di Discord dan 4chan, keduanya situs yang populer di kalangan radikal, Payton Gendron, 18, mengunjungi supermarket Tops di Buffalo tiga kali pada 8 Maret lalu, dan setelah itu menulis tentang niatnya untuk melakukan pembunuhan.

CNN dan The Washington Post melaporkan dia menulis tentang berapa banyak pembeli kulit hitam dan putih di dalam dan memetakan lorong supermarket.

Gendron memposting bahwa selama perjalanan ketiganya dia didekati oleh "penjaga keamanan bersenjata berkulit hitam" yang menanyakan apa yang dia lakukan masuk dan keluar toko.

Dia diduga memberikan jawaban sedang mengumpulkan data sensus. "Kalau dipikir-pikir itu adalah panggilan yang dekat", tulis Gendron.

"Saya harus membunuh penjaga keamanan itu di Tops. Saya harap dia tidak membunuh saya atau bahkan menyakiti saya secara instan," Gendron menulis di sebuah posting-an pada 10 Maret, dikutip CNN.

Di antara korban penembakan yang terjadi pada Sabtu (14/5/2022) adalah seorang pensiunan polisi yang bekerja sebagai penjaga keamanan. Dia melepaskan beberapa tembakan ke penyerang sebelum pelaku menembak dirinya sendiri.

Topik Menarik