Loading...
Loading…
Ini Dia Perempuan yang Mencapai Puncak Gunung Everest Paling Banyak, 10 Kali

Ini Dia Perempuan yang Mencapai Puncak Gunung Everest Paling Banyak, 10 Kali

Global | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 18:45

KATHMANDU, iNews.id - Lhakpa Sherpa asal Nepal memecahkan rekor yang dibuatnya sendiri sebagai perempuan mendaki puncak Gunung Everest paling banyak. Dia mencapai puncak tertinggi di dunia itu untuk ke-10 kali sepanjang hidupnya, Kamis (12/5/2022).

Perempuan 44 tahun itu terakhir kali mendaki gunung setinggi 8.848,86 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut pada 2018.

Sementara rekor untuk pria mencapai puncak Everest paling banyak masih dipegang Kami Rita Sherpa yang juga warga Nepal, yakni 26 kali.

"Lhakpa telah memecahkan rekornya sendiri sebagai perempuan pertama yang mencapai puncak 10 kali," kata kakak kandungnya, Mingma Gelu Sherpa, yang juga mengelola perusahaan pendakian Seven Summit Club, dikutip dari Reuters.

Gelar Lhakpa dibenarkan seorang pejabat pariwisata Nepal, Bhishma Kumar Bhattarai. Lhakpa lahir di Distrik Sankhuwasabha, tempa gunung tertinggi kelima di dunia, Makalu.

Sementara itu tujuh anggota kelompok All Black Expedition, terdiri dari pendaki kulit hitam asal Amerika Serikat dan Kenya, memulai pendakian Gunung Everest hari ini.

Sejauh ini kurang dari 10 pendaki gunung kulit hitam yang mencapai puncak Everest dan ini merupakan kali pertama semua anggota ekspedisi berkulit hitam.

Baca Juga :
Benarkah Everest Gunung Tertinggi di Dunia? Ilmuwan Bilang 'Mungkin Bukan'

Everest telah didaki 10.657 kali sejak pendakian pertama pada 1953 yakni dari wilayah Nepal dan Tibet. Banyak pula orang yang telah mencapai puncak gunung itu lebih dari satu kali. Namun keganasan alam Everest telah merenggut 311 nyawa selama periode yang sama.

Original Source

Topik Menarik

{