Washington Post Raih Pulitzer untuk Liputan Kerusuhan 6 Januari

Washington Post Raih Pulitzer untuk Liputan Kerusuhan 6 Januari

Global | koran-jakarta.com | Selasa, 10 Mei 2022 - 13:46
share

WASHINGTON DC - Harian The Washington Post pada Senin (9/5) meraih penghargaan Pulitzer dalam jurnalisme layanan publik untuk liputannya tentang pemberontakan 6 Januari di Gedung Capitol.

Peristiwa 6 Januari merupakan serangan terhadap demokrasi yang merupakan awal yang mengejutkan untuk tahun yang dipenuhi dengan gejolak tersebut, yang juga ditandai dengan berakhirnya perang terpanjang Amerika Serikat di Afghanistan.

Laporan mendalam The Post , yang diterbitkan dalam seri interaktif yang canggih, menemukan sejumlah masalah dan kegagalan dalam sistem politik dan keamanan - sebelum, selama dan setelah - kerusuhan 6 Januari 2021 yang terjadi di dekat kantor surat kabar ini.

"Cerita menarik dan disajikan dengan jelas, memberi publik pemahaman yang menyeluruh dan lengkap mengenai salah satu hari tergelap bangsa AS," kata Marjorie Miller, administrator penghargaan tersebut ketika mengumumkan penghargaan itu.

Lima fotografer Getty Images dianugerahi salah satu dari dua penghargaan dalam fotografi berita terkini untuk liputan mereka juga tentang kerusuhan tersebut.

Penghargaan lain yang diberikan dalam fotografi berita terbaru, diraih reporter harian Los Angeles Times dan fotografer Marcus Yam, untuk karya yang berkaitan dengan jatuhnya Kabul.

Penarikan mundur pasukan AS dan kebangkitan Taliban di Afghanistan dapat dijumpai dalam berbagai kategori, dengan The New York Times memenangkan kategori laporan internasional karena laporan yang mengkritisi angka kematian resmi warga sipil akibat serangan udara AS di Suriah, Irak, dan Afghanistan.

Penghargaan Pulitzer, yang diselenggarakan oleh Universitas Columbia dan dianggap paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika, mengakui karya 15 kategori jurnalisme dan tujuh kategori seni.

Penghargaan tahun ini, yang disiarkan langsung di internet, memberi penghargaan pada karya yang dibuat pada 2021. Pemenang penghargaan layanan masyarakat menerima medali emas, sementara pemenang dari masing-masing kategori lainnya mendapatkan 15.000 dollar AS. AFP/VoA/I-1

Topik Menarik