Zelenskyy Ingatkan Lagi, Dunia Harus Siap Hadapi Ancaman Senjata Nuklir Rusia

Zelenskyy Ingatkan Lagi, Dunia Harus Siap Hadapi Ancaman Senjata Nuklir Rusia

Global | koran-jakarta.com | Minggu, 17 April 2022 - 16:00
share

KIEV - Dunia harus mempersiapkan diri pada kemungkinan Rusia menggunakan senjata nuklir, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada wartawan, Sabtu (16/4).

"Kita tidak boleh menunggu momen saat Rusia memutuskan untuk menggunakan senjata nuklir," katanya dalam sebuah wawancara dengan media Ukraina, seperti dilaporkan Channel News Asia , Minggu (17/4).

"Kita harus bersiap-siap untuk itu."

Obat anti-radiasi dan tempat perlindungan dari serangan udara dibutuhkan, kata Zelenskyy. "Rusia bisa menggunakan senjata apa pun. Saya yakin itu."

Wawancara tersebut ditayangkan oleh enam portal berita Ukraina dan disiarkan Kantor Kepresiden Ukraina melalui Telegram.

Jumat lalu, Zelenskyy telah memperingatkan, dunia harus khawatir pada ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia menggaungkan pernyataan-pernyataan Direktur CIA Amerika Serikat William Burns.

Burns mengatakan pada Kamis, mundurnya Rusia dari medan perang meningkatkan risiko Putin mengaktifkan senjata nuklir.

Di sisi lain, Kremlin mengatakan telah menempatkan kekuatan nuklirnya pada tingkat waspada tinggi tak lama setelah serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari. Namun AS mengatakan belum melihat tanda-tanda ada pergerakan senjata nuklir yang tak biasa.

Moskow mengatakan akan menggunakan senjata nuklir ke Ukraina jika ada ancaman nyata terhadap Rusia, kata jubir Kremlin Dmitry Peskov kepada CNN dalam wawancara belum lama ini.

Doktrin militer Rusia meliputi prinsip "eskalasi untuk deeskalasi" peluncuran senjata nuklir untuk meraih kembali inisiatif dalam perang.

Presiden AS Joe Biden "begitu memperhatikan tentang bagaimana menghindari perang dunia ketiga, bagaimana menghindari awal konflik nuklir bisa menjadi mungkin," kata Burns.

Topik Menarik