Arab Saudi Eksekusi 81 Orang dalam Sehari, Terbesar dalam Beberapa Dekade

Arab Saudi Eksekusi 81 Orang dalam Sehari, Terbesar dalam Beberapa Dekade

Global | okezone | Minggu, 13 Maret 2022 - 10:43
share

RIYADH - Arab Saudi mengeksekusi mati 81 orang, termasuk tujuh warga Yaman dan seorang warga Suriah, pada Sabtu (13/2/2022), kata kementerian dalam negeri negara itu. Ini adalah eksekusi massal terbesar kerajaan itu dalam beberapa dasawarsa.

Jumlah tersebut mengalahkan 67 eksekusu yang dilaporkan pada 2021 dan 27 eksekusi pada 2020.

Pelanggaran dari para terpidana berkisar dari bergabung dengan kelompok-kelompok militan hingga memegang "keyakinan menyimpang", kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Orang-orang ini, berjumlah 81 orang, dihukum karena berbagai kejahatan termasuk membunuh pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah," demikian bunyi pernyataan itu sebagaimana dilansir Reuters.

"Kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang ini juga termasuk berjanji setia kepada organisasi teroris asing, seperti ISIS (Negara Islam), al-Qaeda dan Houthi," tambahnya.

Kementerian tidak mengatakan bagaimana eksekusi dilakukan.

Orang-orang itu termasuk 37 warga negara Saudi yang dinyatakan bersalah dalam satu kasus karena mencoba membunuh petugas keamanan dan menargetkan kantor polisi dan konvoi, tambah pernyataan itu.

Eksekusi massal kemungkinan akan mengembalikan perhatian pada catatan hak asasi manusia Arab Saudi pada saat kekuatan dunia terfokus pada invasi Rusia ke Ukraina.

Topik Menarik