Laporan Terbaru: Covid-19 Membunuh Orang Miskin saat yang Kaya Semakin Kaya

Laporan Terbaru: Covid-19 Membunuh Orang Miskin saat yang Kaya Semakin Kaya

Global | okezone | Selasa, 18 Januari 2022 - 17:55
share

INGGRIS - Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Senin (17/1), organisasi nirlaba Oxfam mengklaim bahwa pajak tak terduga 99% atas keuntungan pandemi Covid-19 dari 10 orang terkaya di dunia akan mengumpulkan cukup uang untuk membayar vaksin Covid-19 untuk semua orang di planet ini.

Pajak rejeki nomplok 99% satu kali atas perolehan kekayaan Covid-19 dari 10 orang terkaya saja akan menghasilkan USD812 miliar (Rp11.645 triliun), kata laporan itu. Oxfam mencatat 10 orang ini memiliki uang enam kali lebih banyak daripada 3,1 miliar orang termiskin.

Laporan berjudul \'Ketidaksetaraan membunuh\', mengklaim bahwa orang kaya telah diuntungkan dari pilihan kebijakan struktural dan sistemik yang cenderung menguntungkan mereka. Sementara itu, masyarakat miskin secara langsung dirugikan oleh keputusan tersebut.

Jutaan orang masih akan hidup hari ini jika mereka memiliki vaksin tetapi mereka mati, tidak diberi kesempatan, sementara perusahaan farmasi besar terus memegang kendali monopoli atas teknologi ini, tulis Oxfam.

Badan amal tersebut mengklaim bahwa para miliarder semakin kaya melalui pandemi dan bahwa langkah-langkah stimulus fiskal dan moneter telah berkontribusi pada kekayaan mereka ketika pasar saham berkembang pesat.

Topik Menarik