Tropicana Slim Konsisten Ajak Masyarakat Cegah dan Lawan Diabetes di Indonesia

Tropicana Slim Konsisten Ajak Masyarakat Cegah dan Lawan Diabetes di Indonesia

Gaya Hidup | medan.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 20:40
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Menginjak usia ke-50 tahun, Tropicana Slim semakin menunjukkan komitmennya untuk ajak masyarakat Indonesia hidup sehat melawan diabetes melalui kampanye tahunan #BeatDiabetes2024.

Edukasi kesehatan dan cek gula darah gratis telah dilakukan sejak bulan Januari hingga Februari 2024 di 42 kota se-Indonesia, dan ditutup dengan acara puncak #BeatDiabetes2024 pada hari ini, serentak di 20 kota se-Indonesia.

Berkolaborasi dengan Komunitas Sobat Diabet, Tropicana Slim memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk melakukan edukasi kesehatan cara pencegahan dan penanganan diabetes selama puasa bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD, FRSPH selaku Founder Komunitas Sobat Diabet.

Selain itu, digelar juga demo masak takjil sehat bersama Celebrity Chef, Martin Natadipraja, serta kompetisi takjil sehat yang tidak hanya menawarkan inspirasi pilihan makanan minuman sehat dan nikmat selama bulan Ramadhan, namun juga memberikan pengalaman praktisnya berkreasi dengan Tropicana Slim.

Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim, menyampaikan bahwa sebagai brand yang telah dipercaya selama 50 tahun oleh masyarakat Indonesia dalam pencegahan dan penanganan diabetes, program tahunan ini menjadi bentuk peran aktif Tropicana Slim dalam menyebarkan awareness kesehatan ke berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

"Bersama Ascensia Diabetes Care, pemeriksaan cek gula darah sebagai upaya deteksi dini juga kami galakkan di acara Road to #BeatDiabetes2024, mengingat penyakit diabetes tidak menunjukkan gejala pada tahap awal, namun dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius jika tidak dikendalikan dengan baik," ujar Noviana Halim.

"Sehingga, bagi mereka yang terdeteksi pre-diabetes, bisa segera ditangani agar tidak berkembang menjadi diabetes. Dan mereka yang terdeteksi diabetes, dapat memperoleh penanganan sedini mungkin untuk menghindari timbulnya komplikasi yang mampu memperparah kondisi kesehatannya," sambung Noviana Halim.

Puncak #BeatDiabetes2024 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, memberikan ruang bagi Tropicana Slim untuk menghadirkan konsep program yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Seiring dengan banyaknya mitos yang beredar seputar puasa dan diabetes, Tropicana Slim berupaya mengungkap fakta kesehatan terkini dan tips menjalankan ibadah puasa bagi diabetesi dengan menghadirkan narasumber ahli, sambil tetap memberikan inspirasi resep takjil yang ramah diabetesi dan ideal untuk menjadi pilihan sehat bagi yang ingin cegah diabetes, ungkap Noviana Halim.

Sementara itu, dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD, FRSPH, mengatakan hal ini tidak hanya menuai pahala, namun ibadah puasa juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

"Namun, agar manfaat kesehatan dari puasa tetap terjaga dan semakin optimal, kita perlu memperhatikan pola makan sehat dengan memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan bervariasi untuk menu sahur dan berbuka puasa, serta tetap mempertahankan pola makan sehat ini setelah bulan puasa berakhir," ujarnya.

"Jadi, jangan sampai perbaikan kondisi kesehatan tersebut hanya bersifat sementara karena pola makan dan gaya hidup yang kembali berubah. sambungnya.

Noviana juga menambahkan bahwa masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan takjil yang tinggi kandungan gulanya. Takjil bisa tetap manis dan bernutrisi, tanpa gula yang belebihan.

"Melalui cooking demo dan kompetisi kreasi takjil, Tropicana Slim ingin membagikan inspirasi menu takjil yang tetap nikmat, manis, dan bebas gula pasir sehingga dapat menjadi pilihan takjil yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya diabetesi," ujarnya.

"Tropicana Slim kembali hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir kelebihan asupan gula melalui rangkaian produknya yang bebas gula," sambungnya.

Pada kesempatan ini, Chef Martin Natadipraja, pun membuat kreasi menu Peach Lychee Sagoo dan Almond Flan. Terinspirasi dengan teduhnya bulan Ramadhan kali ini.

Sembari kita menjaga hati dan pikiran, jangan lupa juga untuk menjaga kadar gula darah. Mari kita sajikan hidangan yang manis namun tetap terkontrol kandungan gulanya bagi keluarga tercinta. Jaga hati, jaga pikiran, jaga juga kadar gula darahnya, ajak Chef Martin.

dr. Rudy mengungkapkan contoh opsi menu berbuka puasa yang disarankan, antara lain air putih, susu, buah dan sayur, menu sup dengan kacang-kacangan atau kaldu.

"Secara keseluruhan, juga tetap perlu mempertimbangkan porsi makan dan juga kandungan gula agar tidak berlebihan dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan," ujarnya.

"Bagi diabetesi, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa sangat penting agar diabetesi bisa berpuasa tanpa gangguan dan untuk mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan," sambungnya.

Director of Business Category (Electronics & FMCG) Shopee Indonesia, Putri Lukman, menambahkan bahwa di Shopee segala hal yang dilakukan merupakan bentuk upaya untuk memberikan dampak dan pengaruh positif bagi pengguna.

"Di bulan Ramadan ini, Shopee pun kembali menjalankan komitmen kami menyediakan akses yang lebih mudah dan praktis bagi pengguna untuk memenuhi segala kebutuhan mereka, terutama makanan dan minuman yang lebih sehat untuk melengkapi hidangan sahur dan berbuka puasa," ujarnya.

"Oleh karena itu, Shopee juga sangat antusias untuk turut berpartisipasi dalam kampanye #BeatDiabetes2024 bersama Tropicana Slim, sebagai bagian dari upaya mendukung masyarakat Indonesia dalam menerapkan gaya hidup yang lebih sehat," sambungnya.

Lebih lanjut, ia berharap kampanye #BeatDiabetes2024 dan ketersediaan produk makanan dan minuman sehat seperti produk bebas gula dari Tropicana Slim di Shopee dapat semakin mendorong pertumbuhan kesadaran akan pola hidup sehat di kalangan masyarakat Indonesia.

Topik Menarik