5 Minuman Alami Bantu  Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 13:30
share

MENGONSUMSI terlalu banyak macam hidangan berbuka selama bulan puasa, apalagi makanan dan minuman sembarangan memang membuat sebagian orang jadi rentan terserang berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit langganan saat puasa adalah radang tenggorokan. Selain mengganggu kenyamanan saat berpuasa, kondisi ini juga bisa makin parah jika tidak diobati.

Namun, jangan buru-buru langsung menenggak obat. Sebab ada beberapa minuman yang bisa jadi bahan alami untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Apa saja itu? Melansir laman resmi RS Siloam Hospital, Kamis (28/3/2024), berikut lima di antaranya.

1. Air lemon: Perasan air lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan. Selain vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

(Foto: Freepik)

2. Madu: Radang tenggorokan bisa menjadi gejala dari penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Maka dari itu, madu dapat dijadikan pilihan sebagai obat radang tenggorokan alami karena dinilai aman untuk saluran pencernaan ini, karena sarat dengan sifat antioksidan, antimikroba, serta antiinflamasi yang bisa mengatasi radang tenggorokan secara efektif.

Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur ke minuman teh serta minuman sehat lainnya.

Topik Menarik