Doa Ramadhan Hari Ke-15 Lengkap dengan Latin dan Terjemahan

Doa Ramadhan Hari Ke-15 Lengkap dengan Latin dan Terjemahan

Gaya Hidup | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 22:50
share

JAKARTA, iNews.id - Doa Ramadhan hari ke-15 berikut ini perlu diamalkan oleh umat Muslim. Bulan Ramadhan jadi salah satu bulan suci di ajaran Islam.

Di bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa ini dilakukan dengan tidak makan dan minum, menahan hawa nafsu, dan tidak melakukan segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Adapun, dalil diwajibkannya melaksanakan puasa di bulan Ramadhan yang Allah Subhanahu Wata'ala abadikan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 sebagai berikut:

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Ramadhan merupakan bulan dikabulkannya setiap doa. Maka dari itu, umat Muslim disunnahkan untuk memperbanyak doa. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda,

:

Artinya: "Ada tiga orang yang tidak tertolak doanya; seorang yang berpuasa hingga berbuka, seorang pemimpin yang adil, seorang yang terdzalimi."

Doa Ramadhan Hari Ke-15

Berikut doa Ramadhan hari ke-15 yang dikutip dari buku Kumpulan Doa 30 Hari Puasa Ramadhan, karya Nurhayati (2019), Senin (25/3/2024).

Latin: Allahummarzuqn fihi th'atal khsyi'n, wasyrah fhi shadr bi- inbatil mukhbitn, biamnika y Amnal khifin.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkan padaku di dalamnya ketaatan orang-orang yang khusu', lapangkan dadaku dengan taubatnya orang-orang yang memperoleh ketentraman, dengan keamanan-Mu wahai Yang Memberi rasa aman kepada orang-orang yang ketakutan."

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang memiliki banyak keutamaan. Umat Muslim perlu mengamalkan amalan-amalan yang dapat mendatangkan banyak pahala dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Berikut beberapa keutamaan bulan Ramadhan:

1. Datangnya Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan dikatakan sebagai bulan istimewa sebab bertepatan dengan turunnya Al-Quran, kitab suci umat Muslim. Malam Lailatul Qadar lebih baik daripada 1000 bulan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan R (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar." (QS Al-Qadr ayat 1-5).

2. Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Berdoa dapat dilakukan kapan saja. Meski begitu, terdapat beberapa waktu yang dikatakan akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala untuk berdoa. Salah satunya di bulan Ramadhan.

Demikian ulasan mengenai doa Ramadhan hari ke-15. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik