5 Amalan Dapat Dilakukan oleh Wanita yang Sedang Haid di Bulan Ramadan

5 Amalan Dapat Dilakukan oleh Wanita yang Sedang Haid di Bulan Ramadan

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Senin, 25 Maret 2024 - 21:20
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Dalam bulan suci Ramadan yang penuh berkah, umat Muslim di seluruh dunia berusaha meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bagi wanita Muslim yang sedang mengalami haid, ada ketentuan khusus dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan yaitu dilarangnya berpuasa. Seperti pada hadits riwayat aisyah ra. Dahulu kami mendapat haid pada masa Rasulullah SAW., lalu kami diperintahkan untuk mengqadha puasa Ramadan.

Meskipun tidak diperbolehkan untuk berpuasa atau melakukan shalat fardhu, namun masih banyak amalan yang dapat dilakukan untuk tetap meraih keberkahan Ramadan. Dikutip dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga, berikut amalan yang dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid ketika bulan Ramadan.

1. Bersedekah

Pada bulan Ramadan, salah satu ibadah yang sangat dianjurkan adalah bersedekah.banyak keutamaan yang didapatkan ketika kita melakukan sedekah seperti pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. dan dihapuskannya kesalahan-kesalahan. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 177.

dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta dan (memerdekakan) hamba sahaya

Oleh sebab itu wanita yang sedang haid dianjurkan untuk bersedekah agar tetap mendapat pahara dan ramhat dari Allah SWT di bulan Ramadan.

2. Memberi makan orang yang berpuasa

Ketika wanita haid tidak dapat melaksanakan puasa di bulan Ramadan, hal yang dapat dilakukan adalah memberikan makan kepada orang yang berpuasa sebagaimana hadits riwayat at-Tirmidzi yang berbunyi Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.

Bagi seorang yang memberikan makanan bagi orang yang berpuasa, tak hanya pahala yang didapatnya tetapi juga diraihnya doa dari orang yang menyantap makanan berbuka tersebut. Ketika orang yang menyantap makanan mendoakan sang pemberi makanan, makan doa itu akan terabul, karena doa yang berbuka puasa sangat udah dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Memperbanyak Zikir

Jangan berkecil hati ketika tidak dapat melaksanakan shalat dan puasa ketika sedang haid. Masih ada amalan yang dapat dilakukan oleh wanita haid salah satunya adalah berzikir. Banyak keutamaan yang akan diperoleh ketika kita memperbanyak zikir. Ketika kita berzikir, kita akan memiliki kedekatan hubungan dengan Allah SWT. Hal ini dapat memiliki dampak yang sangat besar baik bagi fisik maupun jiwa kita.

4. Berdoa

Pada sebuah hadits, doa disebut sebagai mukhulul ibadah (itak dari ibadah). Bagi wanita yang sedang haid, nedoa menjadi ibadah yang paling mudah dilakukan. Ketika wanita sedang haid, ia diperbolehkan membaca doa apapun karena tidak termasuk kedalam larangan saat haid. Tak hanya sekedar memita sesuatu kepada Allah SWT., doa juga berarti berseteru atau memanggil dan mengandung ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah.

5. Menuntut Ilmu

Tidak ada larangan bagi wanita haid untuk menuntut ilmu agama. Rasululah SAW., bersabda bagi seorang yang menuntut ilmu akan mendapatkan pahala.

Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: barang siapa berjalan diatas suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. (*)

Topik Menarik