Doa Qunut Witir Sesuai Sunnah, Dibaca Sendiri Maupun Saat Jadi Imam

Doa Qunut Witir Sesuai Sunnah, Dibaca Sendiri Maupun Saat Jadi Imam

Gaya Hidup | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 21:14
share

JAKARTA, iNews.id - Doa qunut witir sesuai sunnah berikut ini bisa menjadi referensi Anda saat memasuki pertengahan Ramadhan. Pasalnya, di tanggal 15 hingga akhir Ramadhan, umat Islam disunnahkan membaca doa qunut pada rakaat terakhir salat witir.

Doa ini dipanjatkan setelah rukuk pada rakaat terakhir salat witir. Membaca doa qunut witir memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai keburukan dan bahaya.

Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, inilah pembahasan Doa qunut witir sesuai sunnah :

Doa Qunut Witir Sesuai Sunnah

Hukum Membaca Doa Qunut Witir


Hukum membaca doa qunut witir adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW selalu membaca doa qunut witir pada bulan Ramadhan dan pada bulan-bulan lainnya.


Kapan Doa Qunut Witir Dibaca?


Doa qunut witir dibaca pada rakaat terakhir salat witir setelah rukuk. Berikut adalah tata caranya:


Bacaan Doa Qunut Salat Witir Sesuai Sunnah


Berikut adalah bacaan doa qunut salat witir sesuai sunnah:


Doa Qunut Witir Saat Sholat Sendiri



Latin:


Allahumma hdini fiiman hadait, wa'aafini fiiman 'afait, watawallani fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.


Terjemahan:


Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk. Berikanlah aku keselamatan di antara orang-orang yang Engkau beri keselamatan. Jagalah aku di antara orang-orang yang Engkau jaga. Berikanlah keberkahan pada apa yang Engkau berikan kepadaku. Hindarkanlah aku dari keburukan apa yang Engkau putuskan. Sungguh, Engkaulah yang memutuskan dan tidak ada yang dapat memutuskan terhadap-Mu. Sungguh, tidaklah hina orang yang Engkau lindungi dan tidaklah mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau ya Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau.

Doa Qunut Witir Saat Sholat Berjamaah

Jika shalat berjamaah menjadi imam:



1. ALLAHUMMAHDINAA FIIMAN HADAIT, WA AAFINAA FIIMAN AAFAIT, WA TAWALLANAA FIIMAN TAWALLAIT, WA BAARIK LANAA FIIMA ATHOIT, WA QINAA SYARRO MAA QODHOIT.


2. FA INNAKA TAQDHI WA LAA YUQDHO ALAIK, WA INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT, TABAAROKTA ROBBANAA WA TAAALAIT.


Bacaan pertama dalam shalat, dilafalkan dengan keras oleh imam. Sedangkan bacaan kedua, diucapkan dengan pelan. Informasi ini dapat ditemukan dalam kitab Al-Majmu' karya Imam Nawawi, di mana bagian pertama berisi doa, sementara bagian kedua berisi pujian. Bagian doa akan diikuti oleh makmum, sementara bagian pujian tidak memerlukan tanggapan dari makmum.

Setelah bacaan tersebut, shalawat biasanya dibacakan sebagai penutup, seperti contohnya: "WA SHOLLALAHU ALA MUHAMMADIN WA ALA AALIHI WA SHOH-BIHI WA SALLAM".

Dalam salat witir berjamaah, imam membaca doa qunut witir dengan suara yang pelan. Para makmum mendengarkan doa qunut witir yang dibacakan oleh imam. Setelah imam selesai membaca doa qunut witir, maka makmum mengaminkannya.

Membaca doa qunut witir merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Doa ini dibacakan pada rakaat terakhir salat witir setelah rukuk. Tata cara dan bacaan doa qunut witir berbeda antara salat witir secara individual dan salat witir berjamaah.

Demikianlah pembahasan doa qunut witir sesuai sunnah. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menjalankan ibadah salat witir dengan

Topik Menarik