Ngabuburit Asyik ala Anak 90-an, Nostalgia Banget!!

Ngabuburit Asyik ala Anak 90-an, Nostalgia Banget!!

Gaya Hidup | probolinggo.inews.id | Senin, 25 Maret 2024 - 17:00
share

PROBOLINGGO,iNewsProbolingho.id - Ngabuburit di era 90-an jauh berbeda dengan jaman sekarang yang serba gadget.  Dulu, keseruan menunggu buka puasa justru didapat dari kegiatan-kegiatan sederhana bersama teman atau keluarga.  Yuk, bernostalgia dengan ngabuburit ala anak 90-an:

1. Mengaji dan Tadarus:
Suara anak-anak mengaji dan tadarus (menelaah Al-Quran bergantian)  dari masjid dan musholla jadi pemandangan khas saat itu.  Selain mengisi waktu, ini juga  menambah pahala dan ilmu agama.

2. Membantu Ibu Memasak:
Dulu, tak jarang anak-anak ikut membantu ibu memasak atau menyiapkan  hidangan untuk berbuka puasa.  Selain mendekatkan diri dengan orang tua,  ini juga bisa jadi ajang belajar memasak.

3. Jalan-jalan Sore dan Berburu Takjil:
Menjelang buka, anak-anak biasanya jalan-jalan sore bersama teman  keliling kampung atau kompleks rumah.  Selain ngadem dan ngobrol, seru  juga untuk mencari takjil atau jajanan khas bulan puasa.  

4. Main Petasan (dengan pengawasan):
Meskipun sekarang dilarang, dulu main petasan jadi tradisi anak  remaja saat ngabuburit.  Namun, tentunya harus dengan  pengawasan orang tua dan mengutamakan keamanan.

5. Main Permainan Tradisional:
Tanpa gadget, anak-anak 90-an jago  dalam bermain permainan tradisional.  Beberapa permainan yang  sering dimainkan seperti:
Kelereng: Adu kelereng jadi permainan seru  yang menguji ketangkasan.
 Ular Tangga & Ludo: Permainan papan  klasik yang asyik dimainkan bersama teman.
 Monopoli: Strategi dan keberuntungan diadu saat main monopoli.
Engklek: Melompat-lompat di kotak-kotak yang  digambar di tanah sambil bersenandung rima.

6. Nonton Serial atau Film Religi:
Menjelang buka puasa, biasanya ada  tayangan serial atau film religi khusus Ramadhan di TV.  Momen ini  cocok untuk duduk santai sambil menunggu waktu berbuka.

7. Mencari Hiburan Lain:
Selain kegiatan di atas, ada juga yang  mengisi ngabuburit dengan baca komik, main layang-layang, atau  sekadar ngobrol santai di pos ronda. 

Ngabuburit ala anak 90-an memang sederhana, tapi  penuh keceriaan dan kekeluargaan.  Bagaimana dengan ngabuburit kamu  dulu?

Topik Menarik