Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri, Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan!

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Sendiri, Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan!

Gaya Hidup | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 23:33
share

JAKARTA, iNews.id - Tata cara sholat Tahajud 2 rakaat perlu dipelajari. Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan.

Allah SWT juga telah menganjurkan pelaksanaan sholat Tahajud, seperti dalam firman-Nya:

Artinya: Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra': 79).

Sama seperti sholat sunnah lainnya, sholat ini diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam. Adapun jumlah rakaat sholat Tahajud paling sedikit adalah dua rakaat hingga tidak terbatas.

Meskipun demikian, terdapat pembeda lainnya antara sholat Tahajud dengan sholat lainnya. Pasalnya, sholat malam ini hanya boleh dikerjakan ketika umat Muslim sudah tidur terlebih dahulu setelah masuk waktu Isya hingga menjelang sholat Subuh.

Maka jika di malam hari orang tersebut belum tidur, sholat Tahajud belum bisa dilakukan. Sementara itu, waktu paling utama di malam hari untuk mengerjakan sholat Tahajud adalah di sepertiga malam atau pukul 1 dini hari hingga sebelum masuk waktu subuh.

Sholat ini dapat dikerjakan secara berjamaah. Akan tetapi, akan lebih utama jika dilakukan sendirian.

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat

1. Niat

Usholli sunnatat tahajjudi rakataini lillaahi taaala.

Artinya: Aku menyengaja sholat sunnah tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT.

2. Takbiratul ihram.
3. Membaca doa iftitah.
4. Membaca surat Al Fatihah.
5. Membaca surat-surat pendek.
6. Ruku.
7. Itidal.
8. Sujud.
9. Duduk di antara dua sujud.
10. Sujud.
11. Berdiri menunaikan rakaat kedua.
12. Membaca surat Al Fatihah.
13. Membaca surat-surat pendek.
14. Ruku.
15. Itidal.
16. Sujud.
17. Duduk di antara dua sujud.
18. Sujud.
19. Tahiyyat akhir.
20. Salam.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

1. Membaca Istighfar

Astaghfirullaahal-Adziim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, Wa Atuubu Ilaiih. (Dibaca sebanyak 3 kali).

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah yang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.

2. Membaca Laa Ilaaha illallah

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai-in qodiir

Artinya: Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

3. Membaca Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir .

Subhanallah, wal hamdulillah, wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar, walaa haulaa walaa quwwata illaa billah.

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

4. Membaca Sayyidul Istighfar

Allahumma anta rabbii laa ilaha Illa anta khalaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika, wawa'dika mas tatho'tu, a'dzubika min syarri maa shona'tu, abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abu u bidzanbi faghfirli fainnahu laa yaghfiru dzunuuba Illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.

5. Doa setelah sholat Tahajud

.

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Ahmad 2710, Muslim 769, Ibn Majah 1355).

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Dikabulkannya doa

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR Muslim nomor 757).

2. Diampuni dosa-dosa

Allah berfirman:

Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Muzzammil: 20).

3. Diangkat derajatnya

Allah SWT berfirman:

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al Isra: 79).

Demikianlah pembahasan tata cara sholat Tahajud 2 rakaat. Selamat beribadah di bulan yang penuh berkah.

Topik Menarik