Doa Ramadhan Hari Ke-7 Beserta Amalan-amalan Sunnah di Bulan Puasa

Doa Ramadhan Hari Ke-7 Beserta Amalan-amalan Sunnah di Bulan Puasa

Gaya Hidup | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 22:18
share

JAKARTA, iNews.id - Doa Ramadhan Hari Ke-7 penting untuk diketahui umat Islam. Bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan, salah satunya tidak akan tertolak doa orang yang sedang berpuasa.

Pada hari ke-7 bulan Ramadhan, kita berusaha untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut adalah doa puasa hari ke-7 dalam teks Arab, transliterasi ke bahasa Latin, dan terjemahannya:

Doa Ramadhan Hari Ke-7


Artinya: Ya Allah, bantulah aku di bulan ini dalam melaksanakan puasa dan ibadah, jauhkanlah aku pada bulan ini dari kesalahan dan doa-dosa yang tidak pantas dilaksanakan di dalamnya, dan anugerahkanlah kepadaku di bulan ini kesempatan untuk mengingat-Mu selamanya. Dengan taufik-Mu, wahai penunjuk jalan orang-orang yang sesat.

Amalan-amalan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah periode yang dipenuhi dengan rahmat dan ampunan yang melimpah. Sebagaimana yang dikatakan oleh para ulama, "Jika tidak mendapatkan ampunan di bulan Ramadhan, maka di bulan mana lagi kita bisa berharap mendapatkannya?" Dalam konteks ini, beberapa amalan ditekankan sebagai sarana untuk menghapus dosa-dosa di bulan Ramadhan.

1. Menunaikan Shalat Lima Waktu, Shalat Jumat, dan Bertemu dengan Bulan Ramadhan

Nabi Muhammad bersabda, "Antara shalat lima waktu, antara jumat yang satu dan jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim no. 233)


2. Melaksanakan Puasa Ramadhan


Hadis menyatakan, "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)


3. Melakukan Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih)


Rasulullah juga bersabda, "Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

4. Menghidupkan Shalat Malam pada Lailatul Qadar


"Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 1901)

5. Menunaikan Zakat Fitrah


- - .

Rasulullah memerintahkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dan memberi makan pada orang miskin. (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827)

Amalan-amalan tersebut merupakan jalan menuju pengampunan dosa selama bulan Ramadhan. Di penghujung bulan Ramadhan, membayar zakat fitrah juga merupakan cara untuk mendapatkan ampunan Allah, karena zakat fitrah membantu menghapus dosa-dosa yang melibatkan kata-kata yang sia-sia dan kotor.

Ulama-ulama terdahulu juga menggambarkan zakat fitrah sebagai bentuk sujud sahwi dalam shalat, yaitu untuk menutupi kekurangan yang ada.

Kesempatan mendapatkan ampunan di bulan Ramadhan sangatlah berharga. Sebagaimana disampaikan oleh Muwarriq Al-Ijliy, "Saat itu, seolah-olah suatu kaum lahir kembali dengan keadaan yang bersih dari dosa." Sungguh disayangkan jika seseorang keluar dari bulan Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan apa pun. Sebagaimana Qatadah rahimahullah mengatakan, "Siapa saja yang tidak diampuni di bulan Ramadhan, maka sungguh di hari lain (di luar Ramadhan), ia pun akan sulit diampuni."

Pada akhirnya, semakin banyak kesempatan mendapatkan pengampunan di bulan Ramadhan, maka semakin berat pula bagi mereka yang tidak memperolehnya. Semoga kita dapat memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya sebelum memasukinya, karena hanya Allah lah yang memberikan taufik dan hidayah kepada kita semua.


Demikianlah penjelasan Doa Ramadhan Hari Ke-7. Semoga doa kita diterima oleh Allah SWT dan kita dapat menjalankan ibadah dengan baik di bulan suci ini. Selamat beribadah!

Topik Menarik