7 Games untuk Pesantren Kilat Ramadhan, Belajar Agama Jadi Lebih Seru!

7 Games untuk Pesantren Kilat Ramadhan, Belajar Agama Jadi Lebih Seru!

Gaya Hidup | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 21:17
share

JAKARTA, iNews.id - Games seru untuk pesantren kilat Ramadhan berikut bisa menumbuhkan semangat belajar agama. Bagi para santri dan pelajar yang mengikuti Pesantren Kilat (Peskil), mengisi waktu bersama dengan permainan edukatif bisa menjadi cara yang efektif untuk belajar dan bersenang-senang.

Game-game ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman agama melalui cara yang menyenangkan. Selain itu, game tersebut juga dapat memupuk nilai-nilai positif antar santri, seperti kerjasama, sportivitas, dan kreativitas.

Berikut ini adalah 7 games untuk pesantren kilat Ramadhan, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2024).

7 Games untuk Pesantren Kilat Ramadhan

1. Sambung ayat Al-Qur'an

Pada pesantren kilat Ramadhan, para santri biasa diminta untuk menghafal bacaan surat-surat pendek. Hal ini sangat berguna untuk dibaca ketika salat.

Untuk mengasah hafalan tersebut, para santri bisa diberikan games sambung ayat. Saat sang guru melafalkan satu ayat, para santri dapat berebut untuk melanjutkannya dan mendapatkan poin.

2. Cerdas cermat

Selain belajar menghafal surat-surat pendek, para santri juga diajarkan materi-materi lain, termasuk Fiqih hingga Aqidah. Materi tersebut dapat dijadikan pertanyaan untuk cerdas cermat.

Para santri akan dibagi ke dalam kelompok dan bertanding untuk menjawab berbagai pertanyaan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling sering menjawab dengan benar.

3. Tebak tokoh Islam

Dalam permainan ini, peserta akan diberikan satu petunjuk berupa nama tokoh Islam. Kemudian, para santri harus dapat menjabarkan karakter dari tokoh tersebut.

Sebagai contoh Malaikat Izrail, maka para santri harus menjelaskan bahwa malaikat tersebut bertugas mencabut nyawa.

4. Puzzle ayat Al-Qur'an

Selain sambung ayat, cara lain untuk mengasah hafalan ayat Al-Qur'an adalah dengan bermain games puzzle ayat Al-Qur'an. Caranya adalah dengan membagi para santri ke dalam beberapa kelompok.

Kemudian, setiap kelompok diminta untuk menyusun puzzle yang dapat membentuk ayat Al-Qur'an. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat dalam menyusun puzzle dengan benar.

5. Tebak doa sehari-hari

Dalam pesantren kilat Ramadhan, santri juga akan dibiasakan berdoa dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengetahui kemampuannya, guru dapat membuat games tebak doa.

Guru hanya perlu menunjukkan gambar sebuah aktivitas. Selanjutnya, santri harus melafalkan doa untuk aktivitas tersebut.

6. Menghitung zakat dan waris

Ada banyak jenis zakat dalam agama Islam. Para santri biasanya akan diajarkan untuk memahami cara membayar zakat tersebut.

Maka dari itu, guru dapat mengetes kemampuan santri dengan mengadakan game menghitung zakat dengan kasus tertentu. Selain zakat, terdapat pula perhitungan warisan yang tak boleh dilewatkan.

7. Praktik ubudiyah

Dalam games ini, santri akan diminta untuk mempraktikkan tata cara ibadah yang sudah dipelajari, seperti salat, wudhu, mengkafani jenazah, dan lain-lain. Peserta yang melakukannya dengan benar akan mendapatkan apresiasi dari guru.

Demikian 7 games pesantren kilat Ramadhan. Semoga menginspirasi.

Topik Menarik