Punya Sakit Maag? Coba Hindari 5 Makanan Ini saat Berbuka Puasa 

Punya Sakit Maag? Coba Hindari 5 Makanan Ini saat Berbuka Puasa 

Gaya Hidup | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 08:59
share

JAKARTA, iNews.id - Menu berbuka puasa menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika memiliki riwayat sakit maag. Harus diingat ada beberapa makanan yang bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut lho.

Terlebih jika Anda mengkonsumsinya langsung setelah berbuka puasa dalam keadaan perut yang kosong. Rasa sakit maag bisa menyebabkan rasa mual, perut kembung serta rasa tidak nyaman pada perut.

Bahkan di beberapa penelitian, dokter spesialis gastro menyampaikan masalah lambung yang dapat berpengaruh pada tingkat emosi seseorang. Biasanya saat maag kambuh menyebabkan ibadah puasa terganggu.

Mengacu pada hal tersebut belum lama ini Kalbe Consumer Health melalui brand Promag memberikan edukasi di kampus-kampus di Yogyakarta, Bandung, Lampung, dan Makassar. Edukasi tentang berbuka yang sehat dan aman untuk lambung ini digelar bersama dengan menggelar kegiatan ngabuburit talkshow dan tausiyah.

"Kami ingin memberikan informasi sekaligus mengedukasi kalangan Gen-Z tentang gejala sakit maag. Bagaimana pencegahan dan pengobatannya, sehingga mereka dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman, khusyuk dan tanpa Dramaag, kata Irwan Wijaya General Manager Marketing Kalbe Consumer Health di Ngabuburit dan Tausiyah Ramadan Tanpa Dramaag.

Uniknya pada kegiatan ini para mahasiswa juga dapat mencoba dan merasakan pengalaman menggunakanmaag meter, sebuah online tools untuk mendetekasi kesehatan lambung. Nah untuk mengetahui makanan apa saja yang berbahaya dikonsumsi oleh penderita maag, berikut rangkumannya, Minggu (17/3/2024):

1. Gorengan

Gorengan mengandung minyak yang tinggi. Hal ini dapat memicu rasa kembung dan begah setelah mengkonsumsinya. Jika Anda mengkonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak setelah buka puasa, perut akan terasa tak nyaman.

2. Kopi

Berbuka puasa dengan minum kopi bisa memicu naiknya asam lambung lho. Kandungan kafein yang ada di kopi juga bisa memicu gangguan perut jika Anda konsumsi dalam keadaan perut yang kosong. Jika ingin minum kopi sebaiknya menunggu 1-2 jam setelah berbuka puasa dan tidak dalam kondisi perut yang kosong.

3. Makanan pedas

Para pecinta pedas sebaiknya menahan diri untuk makan makanan serba pedas sesaat setelah berbuka puasa. Makanan pedas seperti ayam geprek, seblak, dan berbagai makanan pedas lainnya bisa menyebabkan sakit maag kambuh.

4. Minuman manis

Takjil memang sangat identik dengan minum minuman yang manis dan mengandung gula. Namun hal ini tak disarankan untuk menjadi pilihan untuk berbuka puasa lho. Pasalnya terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis bisa memicu gangguan pencernaan dan tubuh jadi semakin dehidrasi.

5. Mi instan

Berbuka puasa dengan mi instan sebaiknya dihindari. Sebab mi instan mengandung garam yang tinggi dan tepung yang tinggi. Jika perut Anda kosong dan langsung makan mi instan, akan terasa nyeri hingga melilit.

Topik Menarik